kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Penjualan digital Sepatu Bata (BATA) bertumbuh pesat selama pandemi


Selasa, 01 September 2020 / 20:18 WIB
Penjualan digital Sepatu Bata (BATA) bertumbuh pesat selama pandemi
ILUSTRASI. Gerai sepatu dan sandal BATA di JAKARTA -- KONTAN/DANIEL PRABOWO/23/08/2018


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 menyebabkan ruang gerak konsumen terbatas dan mendorong aktivitas belanja online. Hal tersebut tak disia-siakan produsen sepatu dan sandal, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) yang mendorong penjualan produknya di e-commerce.

Sepanjang kuartal pertama tahun ini penjualan produk BATA di segmen e-commerce mencapai Rp 3,64 miliar. Memang tergolong kecil, hanya punya porsi 2,4% dari total penjualan bersih perseroan saat itu yang mencapai Rp 150,54 miliar.

Namun pertumbuhan penjualan online tersebut cukup pesat, mengingat di kuartal pertama tahun lalu segmen e-commerce hanya meraup Rp 299 juta saja. "Saat ini kami fokus untuk menjual produk-produk unggulan kami baik di channel online maupun offline," ujar Hatta Tutuko, Direktur BATA, Jumat lalu (28/8).

Baca Juga: Pandemi berdampak bagi kinerja bisnis Sepatu Bata (BATA)

Berbanding terbalik dengan penjualan di segmen ritel secara eceran, penjualan BATA di segmen itu memang besar mencapai Rp 143,11 miliar di kuartal pertama tahun ini. Tapi perolehan tersebut turun hingga 20% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu yang berkisar Rp 179,65 miliar.

Mengingat kondisi ekonomi yang tak menentu akibat pandemi, perusahaan urung menganggarkan belanja modal untuk ekspansi bisnis. Hatta bilang manajemen belum berencana menambah jaringan gerai baru atau ekspansi lainnya.

Itu artinya perusahaan akan mengoptimalkan jumlah gerai eksisting saat ini yang menurut catatan Kontan.co.id lebih dari 500 toko di seluruh Indonesia. Sembari itu perusahaan memperkuat penjualan di lini digital dan e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×