kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan otomotif terkikis saat libur Lebaran


Minggu, 10 Juni 2018 / 15:23 WIB
Penjualan otomotif terkikis saat libur Lebaran
ILUSTRASI. Ekspor Mobil Toyota di Pelabuhan Indonesia Kendaraan Terminal


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan otomotif diprediksi akan melesu pada bulan lebaran. Hal ini mengingat hari kerja efektif yang menipis.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan penjualan Toyota akan menurun karena terpotong libur lebaran. Apalagi saat libur lebaran pengiriman kendaraan sudah tidak dapat dilakukan. "Mulai bisa distribusi pada 21 Juni nanti," kata Soerjo kepada Kontan.co.id, Minggu (10/6).

Hanya saja pada saat lebaran, TAM bersama jaringan diler resminya menghadirkan 307 titik pelayanan servis dengan adanya posko servis dan tempat istirahat di sejumlah jalur mudik, serta bengkel siaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini melalui program Toyota Holiday Campaign 2018.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 292 titik pelayanan, pada tahun 2018 terdapat penambahan sebanyak 15 titik pelayanan yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara. Penambahan itu antara lain satu posko siaga baru di tol Bakauheni-Bandar Lampung, satu tambahan bengkel siaga 24 Jam di Hadji Kalla Palopo, serta 13 tambahan bengkel tetap buka saat libur Lebaran yang tersebar di berbagai daerah di tanah air.

Sementara itu Duljatmono, Direktur Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, menyebutkan bahwa penjualan sampai april memang positif. Hanya saja, pada Mei dan Juni diprediksi akan menurun. "Kami lihat karena ada efektifitas hari kerja yang menurun sehingga penjualan kami menurun," kata Duljatmono, Jumat (8/6).

Tercatat permintaan kendaraan niaga di Indonesia dari Januari-April 2018 sebesar 36.844 unit atau meningkat 30% dibanding periode sama tahun lalu. Kontribusi terbesar dari segmen light duty truck (LDT) yang menyumbang hingga 24.515 unit. Dimana produk Mitsubishi Fuso, Colt Diesel masih mendominasi di segmen tersebut.

Hanya saja, berbagai promo ditawarkan Fuso selama bulan Ramadan, Lebaran dan setelah lebaran. Diantaranya konsumen akan mendapatkan diskon 20% untuk paket sparepart, diskon 10% untuk ongkos kerja serta mendapatkan pemeriksaaan cek 15 item kendaraan secara gratis hanya dengan melakukan tune up, service Clutch dan atau service suspensi untuk kendaraan niaga konsumen.

Layanan 24 jam service menggunakan mobile workshop service (MWS) hanya dengan booking service minimal tiga unit serta khusus untuk konsumen yang melakukan service di truck center akan mendapatkan gratis takjil untuk buka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×