kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Penjualan ponsel naik dipengaruhi momen Lebaran


Senin, 10 Juni 2019 / 20:32 WIB

Penjualan ponsel naik dipengaruhi momen Lebaran


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Momentum Lebaran menjadi berkah bagi pemain industri telepon seluler (ponsel), termasuk Samsung dan Oppo. Merek-merek seperti Oppo F11, Oppo A5S, dan Samsung Galaxy S10 menjadi seri yang laris-manis diminati konsumen.

"Penjualan meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan momen Lebaran sebelumnya," klaim Vice President PT Samsung Electronics Indonesia Lee Kang Hyun ketika dihubungi Kontan.co.id, Senin (10/6). Adapun seri Galaxy S10 menjadi penopang penjualan Samsung di lebaran kali ini.

Merek ponsel asal China, Oppo, juga merasakan hal yang sama. Momentum lebaran kali ini mengerek penjualan Oppo sebesar 10% hingga 15%. Adapun ponsel dengan seri Oppo F11 dan Oppo A5S menjadi produk yang paling dicari.

Jika dibandingkan dengan momentum lebaran tahun 2018, Aryo mengklaim penjualan Oppo mengalami peningkatan sekitar 10%. Lebih lanjut Aryo menjelaskan, peningkatan ini dikarenakan Oppo F11 muncul dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Oppo F9.

"Bisa lebih murah karena memang teknologi yang digunakan untuk merakitnya semakin murah," jelas PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (9/6).

Sebagai gambaran, pada tahun 2018 Oppo F9 yang dibandrol dengan harga Rp 4,6 juta menjadi ponsel yang diminati konsumen. Sedangkan tahun ini, Oppo F11 muncul dengan harga Rp 3,6 juta dan Oppo A5S dengan harga Rp 1,9 juta.

Sementara itu Samsung mengakui, kenaikan penjualan tidak terlepas dari strategi promo trade in di setiap gerai Samsung. Melalui promo tersebut, konsumen dapat menukarkan ponsel Samsung lama dengan Galaxy seri terbaru. Konsumen cukup membayar selisih antara harga Samsung baru dengan harga Samsung lamanya.

Meski setiap Lebaran terjadi peningkatan penjualan, Aryo menyebutkan penjualan Oppo di lebaran kali ini sedikit berbeda. Peningkatan penjualan justru terjadi ketika mendekati hari raya Lebaran.

"Biasanya ketika mendapat THR atau ketika tanggal 27 Mei hingga 29 Mei grafiknya meningkat, tetapi untuk tahun ini grafik meningkat justru mendekati lebaran atau ketika tanggal 3 Juni hingga 5 Juni baru meningkat, " jelasnya.


Reporter: Kenia Intan
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×