kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Penjualan sedan tergerus mobil murah dan low MPV


Kamis, 24 April 2014 / 22:16 WIB
Penjualan sedan tergerus mobil murah dan low MPV
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di ATM Bank KB Bukopin di Jakarta, Selasa (4/5). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/05/2021.


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Pasar sedan tahun ini diprediksi akan turun. Sebab itu, Honda Prospect Motor (HPM) memilih untuk mencoba mempertahankan All-New City di segmen sedan mini.

Sepanjang tiga generasi (1996-2013), City telah terjual sebanyak 64.094 unit di Indonesia. HPM mengklaim, City merupakan sedan kompak dengan kurun waktu penjualan terpanjang dan meraih angka penjualan tertinggi di Indonesia. 

Pada 2013, semua segmen sedan HPM terjual 7.386 unit. City menyumbang 40%, atau 2.975 unit. Namun, tahun ini berbeda. Semua segmen sedan diperkirakan bakal menurun sehingga memengaruhi pemasaran. 

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service HPM, memaparkan, semua segmen sedan mereka hanya akan meraup dua persen dari total penjualan nasional 2014. Penyebab utamanya, tergerus segmen LCGC dan MPV bawah yang semakin meningkat.

“Dari kelas itu (dua persen sedan), 60%nya disumbangkan sedan non-taksi. Dari 60% itu, kelas mini sedan mengambil pangsa pasar 30%,” ucap Jonfis, saat peluncuran All-New City, di Jakarta, Kamis (24/4).

Bertahan

Jonfis mengungkapkan, target All-New City adalah orang-orang “raising star”. “Konsumen ini memakai mobil sehari-hari yang kebanyakan hidup formal. Mereka adalah orang-orang berusia 30-40 tahun yang optimis, ambisius, pekerja keras, percaya diri, yang kita sebut sebagai 'rising star',” terangnya.

Survei telah dilakukan, konsumen sasaran menginginkan kabin yang terluas di kelasnya, tingkat keselamatan yang tinggi, dan performa mesin yang baik. All-New City menjawab lebih. Desainnya menjadi lebih sporty dan elegan serta memiliki tampilan lebih macho. Ruang kabin lega karena ukuran lebih lebar dan tinggi.

Dengan kehadiran edisi terbaru berkonsep “naik kelas” plus kenaikan harga sekitar 5% dari pendahulunya, HPM berencana menjual 1.950 All-New City dari April hingga Desember, dengan mempertahankan 45% marketshare seperti tahun lalu. (Febri Ardani Saragih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×