kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan turun 40%, Pelangi Indah Canindo (PICO) bakal revisi target tahun ini


Senin, 27 April 2020 / 16:45 WIB
Penjualan turun 40%, Pelangi Indah Canindo (PICO) bakal revisi target tahun ini
ILUSTRASI. Produsen kemasan logam, PT Pelangi Indah Canindo Tbk (PICO)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan PT Pelangi Indah Canindo Tbk (PICO) turun signifikan saat pandemi virus corona merebak. Bahkan memasuki bulan Ramadhan pun tidak serta merta meningkatkan permintaan tabung gas 3 kilogram milik PICO

Sekretaris Perusahaan PICO Anton Hidayat menjelaskan, perusahaan memproduksi tabung gas 3 kg sesuai permintaan dari Pertamina. Namun, permintaan pembuatan tabung 3 kg ini jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu jelas turun signifikan

Hitungan perusahaan, terjadi penurunan penjualan hingga 40%. "Terjadi sejak bulan Februari akhir ada penurunan permintaan dari existing dan untuk penjualan semester I ini akan ada revisi," kata dia kepada Kontan.co.id, Senin (27/4). 

Baca Juga: Strategi Pelangi Indah Canindo (PICO) Memacu Volume Penjualan

Lebih lanjut, Anton menjelaskan, penurunan permintaan ini datang dari pelanggan terbesar PICO yakni Pertamina dan Shell. Biasanya kedua perusahaan tersebut memesan untuk untuk pembuatan drum dan tabung LPG. 

Setali tiga uang, pembuatan kaleng cat dan tabung untuk batu baterai juga mengalami penurunan. 

Meski ada penurunan permintaan, Anton mengakui line produksi belum ada yang ditutup. Jadi sementara produksinya hanya dikurangi saja. Nah, karena ada penurunan signifikan di awal tahun ini, Pelangi Indah berencana merevisi target tahun ini yang telah dipatok sebelumnya. 

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, sebelumnya PICO membidik penjualan naik 10% atau Rp 800 miliar di sepanjang tahun ini. Adapun revisi targetnya belum bisa dibeberkan karena PICO masih dalam proses perhitungan. 

Baca Juga: Ada ancaman gangguan bahan baku dari China, Pelangi Indah (PICO) tetap optimistis

Dalam rangka mengantisipasi kas perusahaan yang terbebani dampak virus corona ini, PICO bakal meminta restrukturisasi utang kepada bank agar 6 bulan ke depan hanya bayar bunga saja tanpa cicilan. "Ahamdulillah disetujui oleh pihak bank," pungkas Anton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×