kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyaluran FAME ke Pertamina menggunakan floating storage dimulai Desember


Kamis, 15 November 2018 / 21:51 WIB
Penyaluran FAME ke Pertamina menggunakan floating storage dimulai Desember
ILUSTRASI. Pengisian Biodiesel B20 di TBBM Pertamina


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran bahan baku biodiesel unsur nabati atau fatty acid methyl ester (FAME) ke PT Pertamina untuk area timur akan menggunakan skema baru mulai 1 Desember 2018. Pertamina akan menyiapkan dua kapal apung alias floating storage di Balikpapan yang akan digunakan untuk salurkan ke 25 titik pengolahan milik perusahaan plat merah tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), MP Tumanggor menyampaikan hal tersebut sudah diputuskan dalam rapat koordinasi tingkat menteri bersama BPDPKS yang berlangsung hari ini di Kementerian Koordinator Perekonomian. "Sudah diputuskan oke, dua floating storage akan dikelola Pertamina dan jalan 1 Desember," katanya, Kamis (15/11).

Kedua floating storage tersebut bakal ditempatkan di Balikpapan dan merupakan kapal milik Pertamina. Artinya BUMN tersebut juga akan menjadi pengelolanya untuk distribusi ke Indonesia wilayah timur.

Mengutip pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, pihak Pertamina menyampaikan masih terdapat sejumlah wilayah yang belum bisa tercampur B20. Khususnya di wilayah Indonesia timur seperti di Papua, Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

Alasannya, dari sisi Pertamina, belum semua terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) tercampur minyak sawit. Dari total 112 terminal BBM Pertamina, baru 69 yang sudah tercampur B20 atau terpasok FAME.

Walau tak merinci ukuran tangki kapal tersebut, Tumanggor meyakinkan kapasitasnya akan mencukupi kebutuhan dan dikhususkan untuk menampung bahan FAME. "Di floating storage dua di Pertamina kemudian dia kirim kemana-mana, hanya untuk nampung FAME dan dari situ jangkau timur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×