kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Perkuat pasar domestik, AirAsia buka rute baru dari Surabaya


Senin, 12 Desember 2011 / 19:27 WIB
Perkuat pasar domestik, AirAsia buka rute baru dari Surabaya
ILUSTRASI. Wall Street. REUTERS/Lucas Jackson/File Photo


Reporter: Harry Febrian | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Maskapai Indonesia AirAsia terus memperkuat rute domestik. Pada 14 Februari 2012, Indonesia AirAsia akan membuka rute baru penerbangan domestik yaitu Surabaya-Bandung dan Surabaya-Denpasar.

“Di samping merupakan komitmen kami untuk mengembangkan rute domestik, peluncuran kedua rute ini juga merupakan tanggung jawab kami untuk menggairahkan wisata dan ekonomi nusantara,” ujar Presiden Direktur AirAsia Indonesia Dharmadi dalam rilis yang diterima Kontan, Senin (12/12).

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Perekonomian Ibu Kota Jawa Timur ini bertumpu pada sektor industri dan jasa perdagangan, di samping juga sebagai rumah para pelaku industri kreatif di jumlah sektor, di antaranya periklanan, arsitektur, kerajinan, hiburan interaktif, penerbitan dan percetakan.

Sementara itu Bandung, menurut Dharmadi, dikenal sebagai “Emerging Creative City” yang menawarkan beragam produk distro, rumah produksi sinetron, dan kuliner. Generasi muda kota Bandung yang sarat akan gagasan inovatif telah mendorong industri kreatif di kota tersebut tumbuh dengan sangat pesat.

Serupa dengan Bandung, Bali juga memiliki daya tarik industri kreatif yang luar biasa besar, namun lebih berlandaskan budaya lokal. Di samping sebagai tujuan pariwisata terfavorit di dunia, Pulau Dewata juga terkenal akan pagelaran seni pertunjukan tradisional dan barang antik.

“Dengan dihadirkannya rute baru Surabaya – Bandung dan Surabaya - Denpasar, maka Bandung, Bali dan Surabaya saling terhubung secara langsung. Konektivitas domestik ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan pertukaran pasar kreatif di antara ketiga kota tersebut,” tukas Dharmadi. Sebelumnya, Indonesia AirAsia membuka rute Surabaya-Medan di 2010 dan rute Jakarta-Semarang.

Sebagai informasi, pada tahun 2012 nanti, AirAsia berencana untuk meningkatkan pangsa pasar di Indonesia dari 3% menjadi 10% dan menargetkan jumlah penumpang hingga 6,2 juta orang. Untuk mencapai itu, AirAsia telah memesan 21 pesawat Airbus A-320 sampai tahun 2016 nanti. Selain itu juga AirAsia juga mulai gencar membuka rute-rute domestiknya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×