Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi memperluas layanan premium, BMW Indonesia bersama BMW Astra, resmi menghadirkan layanan Retail.Next ketiganya di Indonesia.
Lewat upaya ini, perusahaan yakin penjualan akan tetap tumbuh positif meski dihadapkan pada gejolak ekonomi.
Sanfrantis Tanu, Chief Executive BMW Astra, mengatakan BMW tetap optimistis penjualan akan positif hingga akhir tahun, meskipun industri otomotif serta kondisi ekonomi global dan domestik tengah menantang.
“Kita sekarang masih optimistis bahwa kita berusaha memberikan performance yang terbaik di tahun ini walaupun memang banyak sekali rintangan dan tantangan yang kami hadapi tahun ini,” ucap Frantis dalam konferensi pers peluncuran BMW Astra Pluit dengan konsep Retail.Next di Jakarta, Rabu (19/11/2025).
Baca Juga: BMW Optimistis Penjualan Tumbuh Usai Tarif CBU Eropa Dihapus Bertahap
BMW Indonesia, lanjut Frantis, melihat potensi pasar segmen premium di Tanah Air masih cukup tinggi, terutama dari kalangan pebisnis yang menjadi pelanggan potensial BMW.
Selain itu, BMW juga masih mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen otomotif premium di Indonesia dengan pangsa pasar gabungan mendekati 60% dari BMW dan MINI.
Hal ini didorong oleh permintaan kuat terhadap model rakitan lokal seperti BMW Seri 7, BMW X3, dan BMW X5.
Salah satu langkah yang ditempuh BMW untuk menjaga penjualan tetap positif adalah memperluas penerapan konsep Retail.Next, yang berfokus untuk meningkatkan layanan premium. Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada Desember 2023 di BMW India.
Showroom terbaru BMW Astra di Pluit, Jakarta, berdiri di atas lahan 1.352 meter persegi dengan total bangunan 3.470 meter persegi.
Baca Juga: Insentif Disetop 2026, Cek Harga Mobil Listrik BYD Vinfast BMW GWM Sebelum Naik
Desainnya menggunakan pendekatan sustainability yang sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations. Melalui desain fasad yang mampu mengurangi hingga 78% radiasi matahari serta pemanfaatan cahaya alami, fasilitas ini dapat menghemat energi pendingin hingga 29%.
Dari sisi layanan, BMW Astra Pluit Retail.Next menawarkan area showroom dengan pengalaman digital, Emotional Virtual Experience, serta konsep VIP Experience. Ketiga layanan ini mengedepankan kemudahan dan kenyamanan yang premium.
Untuk layanan purna jual, fasilitas ini dilengkapi tujuh stall bengkel, RATC, wheel alignment, serta tiga unit charging station sebagai dukungan mobilitas berkelanjutan.
“Kita optimis, kita punya semangat untuk bisa mengoptmalkan (penjualan) dalam kondisi sulit ini,” pungkas Frantis.
Selanjutnya: Pembatasan Truk ODOL di Jabar Berpotensi Mengerek Biaya Logistik dan Harga Barang
Menarik Dibaca: Pasar Kripto sedang Extreme Fear, Ini Saran Bagi Investor Kripto
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













