kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   -19.000   -0,98%
  • USD/IDR 16.341   27,00   0,17%
  • IDX 7.544   12,60   0,17%
  • KOMPAS100 1.047   -4,04   -0,38%
  • LQ45 795   -5,29   -0,66%
  • ISSI 252   0,56   0,22%
  • IDX30 411   -3,03   -0,73%
  • IDXHIDIV20 472   -7,09   -1,48%
  • IDX80 118   -0,54   -0,46%
  • IDXV30 121   -0,69   -0,57%
  • IDXQ30 131   -1,32   -1,00%

Perluas Operasional dan Inovasi, TCID Tambah CX Square Baru di Semarang


Sabtu, 26 Juli 2025 / 20:33 WIB
Perluas Operasional dan Inovasi, TCID Tambah CX Square Baru di Semarang
ILUSTRASI. Transcosmos Indonesia (TCID) meresmikan kantor layanan pelanggan (CX Square) keduanya di Semarang.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transcosmos Indonesia (TCID) meresmikan kantor layanan pelanggan (CX Square) keduanya di Semarang, tepatnya di kawasan Semarang Town Square (Setos). Kantor baru ini berkapasitas 600 seats dan jadi bagian dari ekspansi strategis TCID di Jawa Tengah, setelah sebelumnya membuka fasilitas serupa di kawasan UTC, Gajahmungkur.

CX Square terbaru ini melengkapi operasional TCID di Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.  Semarang  dinilai sebagai salah satu pusat pertumbuhan baru di Pulau Jawa, dengan infrastruktur memadai, akses SDM yang kuat, dan iklim bisnis yang kompetitif. Kehadiran CX Square Setos menjadikan kota ini sebagai salah satu pilar penting dalam strategi ekspansi regional.

Hadirnya CX Square Setos juga menandai 12 tahun kiprah TCID sebagai penyedia layanan digital, contact center, dan business process outsourcing (BPO) di Indonesia. Perusahaan ini merupakan hasil kerja sama antara Transcosmos Jepang dan PT Cyberindo Aditama (CBN).  Saat ini, TCID memiliki lebih dari 4.000 karyawan yang melayani berbagai sektor, seperti e-commerce, keuangan, telekomunikasi, dan sektor publik.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Luncurkan ILM 2.0 untuk Layanan Pelanggan Industri

Bersamaan dengan peresmian kantor baru, TCID juga meluncurkan layanan Robotic Process Automation (RPA). Teknologi ini memungkinkan proses manual seperti input data, pengajuan kredit, hingga pengelolaan payroll dilakukan secara otomatis. Contohnya, proses kredit yang biasanya memakan waktu 30 menit kini hanya butuh 5–6 menit, sementara proses payroll bisa diselesaikan dalam sehari dari sebelumnya seminggu.

Meski mengandalkan teknologi, TCID tetap menempatkan manusia sebagai elemen kunci. RPA bukan untuk menggantikan tenaga kerja, tapi justru membebaskan mereka dari tugas berulang agar bisa fokus pada pekerjaan yang lebih strategis. Hal ini sejalan dengan misi TCID untuk mengembangkan talenta lokal dan memperkuat ekosistem digital, terutama di kota seperti Semarang.

“Pembukaan CX Square Setos adalah bukti komitmen kami untuk tumbuh bersama Indonesia. Teknologi dan manusia harus berjalan beriringan,” ujar Ardi Sudarto, Vice President Director TCID dalam keterangannya, Sabtu (26/7).

Baca Juga: Dorong Efisiensi Bisnis, Transcosmos Indonesia Tawarkan Layanan RPA

Selama 12 tahun, TCID telah berevolusi dari layanan contact center konvensional menjadi penyedia solusi digital terintegrasi, termasuk omnichannel CRM, chatbot, AI voicebot, dan kini RPA. Berbagai penghargaan juga telah diraih, menegaskan posisi TCID sebagai pemain penting di industri layanan pelanggan dan BPO di Indonesia.

Selanjutnya: Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, PTPN I Mengembangkan Komoditas Kelapa.

Menarik Dibaca: Apa Itu Cysteamine? Ini Manfaat Cysteamine untuk Kulit dan Cara Menggunakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×