kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pertamina gencarkan eksplorasi di area beresiko tinggi


Kamis, 12 November 2020 / 21:17 WIB
Pertamina gencarkan eksplorasi di area beresiko tinggi
ILUSTRASI. Pertamina gencarkan eksplorasi di area beresiko tinggi

Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina berencana gencar melakukan usaha eksplorasi pada area-area beresiko tinggi guna mengejar target jangka panjang.

Direktur Perencanaan Strategis & Pengembangan Bisnis Subholding Hulu Pertamina John Simamora mengungkapkan upaya peningkatan eksplorasi ini dilakukan bukan semata mengejar target produksi 1 juta barel per hari.

"Eksplorasi secara gamblang akan mengarah ke areal yang selama ini high risk dan itu semuanya di laut. Jadi seberapa besar magnitudenya masih dalam penilaian," kata John dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Asosiasi Perusahaan Pemboran Minyak, Gas, dan Panas Bumi Indonesia (APMI), Kamis (12/11).

John pun memastikan, lewat rangkaian survei seismik yang dilakukan juga menjadi sinyal bagi perusahaan penyedia jasa pemboran untuk peningkatan aktivitas industri hulu migas.

Baca Juga: Pertamina targetkan 450 UMKM naik kelas lewat UMKM Academy

Ia memastikan, pemboran merupakan peralatan wajib bagi Pertamina terlebih demi mencapai target jangka panjang perusahaan. Kendati demikian, ia menilai perlu ada kesadaran untuk menciptakan teknologi yang murah dan terjangkau.

"Bukan eranya mahal-mahal, minyak tidak akan menyentuh US$ 65 per barel atau US$ 100 per barel jadi kalau tidak efisien tidak mau lagi," kata John.

Menurutnya, Pertamina kini berfokus pada efisiensi penggunaan rig. Langkah sama juga diterapkan pada metode Enchanced Oil Recovery (EOR).

John menilai sepanjang bahan dan teknologi dalam metode EOR terhitung ekonomis maka pelaksanaan EOR akan bisa dijalankan. Pelaksanaan EOR juga disebut bakal mendorong penambahan aktivitas pemboran dan workover sumur.

Selanjutnya: Kunci pembangunan berkelanjutan 2030 terletak pada peran aktif anak muda

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×