kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina tambah stok BBM dan LPG di Jateng dan Jogyakarta


Senin, 17 Desember 2018 / 16:20 WIB
Pertamina tambah stok BBM dan LPG di Jateng dan Jogyakarta
ILUSTRASI. Gas LPG subsidi


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY sudah membentuk satgas Natal dan Tahun Baru 2019 yang dimulai pada 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019 jelang Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Pertamina menyiapkan program ini untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan LPG, seperti memperkuat stok BBM LPG, mengamankan supply BBM dan LPG di Terminal BBM dan Depot LPG Pertamina, memperkuat layanan BBM dan LPG di lembaga penyalur, serta memberikan layanan BBM dan LPG di tempat yang rawan dengan kepadatan.

Tengku Fernanda, General Manager Marketing Operation Region IV Pertamina mengatakan untuk BBM jenis Gasoline seperti Premium, Pertalite dan Pertamax Series di Jawa Tengah pihaknya menambah stok11 % dari rata-rata normal per hari 10.561 KL yang naik menjadi 11.754KL. "Dan untuk konsumsi LPG di wilayah Jateng kami menyiagakan tambahan stock 10% menjadi 3,511 MT di banding rata-rata normal per hari yaitu 3,206 MT," ujarnya.

Selain itu, kata Tengku, pihaknya juga menambah stok 7% untuk BBM Avtur dari rata-rata konsumsi normal yaitu dari 480 KL menjadi 514 KL, untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Sementara itu, ia memprediksi jenis Gasoil di wilayah Jateng bakal turun 5% dari rata-rata harian sebesar 6.059 KL menjadi 5.778 KL lantaran adanya pembatasan operasional angkutan barang dan penurunan kegiatan angkutan industri.

Tak hanya memastikan kesediaan suplai BBM & LPG aman, kata Tengku, Pertamina MOR IV menjamin pelayanan terbaik pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini. 
“Kami menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses mengisi BBM untuk kendaraannya selama mudik dan berwisata yaitu dengan menempatkan 11 titik kiosk pertamax di ruas tol yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan," paparnya.

Ia menjelaskan fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik regular, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan. "Untuk di wilayah ini kami menyiapkan 32 SPBU Kantong dan 23 SPPBE Kantong di jalur pemudik regular (non tol) dan di jalur wisata. Mobile Storage atau SPBU Kantong ini disiapkan guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU untuk memenuhi kebutuhan suplai," kata Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR MOR IV.

Andar menambahkan persiapan satgas tahun ini menjadi tantangan baru bagi Pertamina MOR IV lantaran ada beberapa ruas tol baru yang baru difungsikan di wilayah Jawa Tengah.

Sebagai informasi, pada masa Natal dan Tahun Baru lalu wilayah Jawa Tengah belum memiliki ruas tol Solo -Kertosono , pada tahun ini jalur toll operasional fungsional yaitu Pemalang – Semarang sampai Ngawi akan dioperasikan oleh Pemerintah.

Guna memastikan konsumen mendapatkan kemudahan dalam memperoleh BBM dan LPG, Andar menyampaikan Pertamina terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, BUJT serta Polda Jateng dan DIY dalam menentukan titik-titik lokasi fasilitas Kiosk dan SPBU Kantong.

“Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 1-500 000,” tutup Andar dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (17/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×