Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Robertet, grup global asal Prancis dengan sejarah 175 tahun di industri flavor dan fragrance, resmi membuka fasilitas manufaktur terbarunya di Karawang, Jawa Barat.
Peresmian ini menjadi tonggak penting dalam strategi perusahaan memperkuat industri flavor dan fragrance nasional sekaligus mempercepat ekspansi di kawasan Asia.
Dengan populasi lebih dari 280 juta jiwa dan industri FMCG yang terus tumbuh, Indonesia menjadi pasar strategis bagi Robertet.
Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan, Pertamina Patra Niaga Optimalkan Layanan Digital
Permintaan flavor dan fragrance tumbuh stabil 7–9% per tahun, didorong peningkatan konsumsi rumah tangga serta agresifnya ekspansi brand FMCG lokal dan global.
Fasilitas baru di Karawang memperkuat kapasitas produksi sekaligus memperpendek rantai pasok Robertet.
Hal ini memungkinkan pelayanan lebih cepat dan efisien bagi pelanggan, baik perusahaan multinasional maupun brand lokal.
Dorong Inovasi Regional
Dikenal sebagai perusahaan keluarga Prancis dengan fokus pada bahan alami, Robertet telah lama memasok flavor dan fragrance premium bagi brand internasional.
Kehadiran pabrik baru ini mempertegas ambisi untuk memperluas pangsa pasar di Indonesia dan Asia, serta memperkuat posisi Asia Tenggara dalam roadmap pertumbuhan global Robertet.
Baca Juga: GDPS Catat Pertumbuhan Bisnis 24,53% pada 2025, Siapkan Ekspansi ke Pasar Global
Dirancang sesuai standar keberlanjutan global perusahaan, pabrik Karawang mengintegrasikan sistem efisiensi energi dan optimalisasi penggunaan bahan alami.
Fasilitas ini akan memproduksi flavor dan fragrance untuk memasok pelanggan lintas negara dengan lebih cepat dan responsif.
“Robertet telah berada di industri flavor dan fragrance selama 175 tahun. Investasi kami di Karawang menegaskan komitmen jangka panjang untuk tumbuh bersama pasar yang dinamis seperti Indonesia,” ujar Jean Philippe Giorgis, Head of Southeast Asia Region dalam keterangannya, Jumat (12/12/2025).
Baca Juga: RalaliFood Perkuat Kapasitas Pangan Darurat di Tengah Tingginya Risiko Bencana
Sementara itu, Ranti Endriani, Country Manager Robertet Group Indonesia menambahkan, “Investasi ini bukan sekadar memperluas kapasitas, tetapi menghadirkan nilai nyata bagi sektor FMCG Indonesia. Dengan berada lebih dekat dengan pelanggan, kami dapat berperan sebagai mitra strategis dalam mendorong industri flavor dan fragrance yang lebih inovatif dan berkelanjutan.”
Selanjutnya: Bitcoin Stabil Pasca Pemangkasan Suku Bunga The Fed, Ini Faktor Penentunya
Menarik Dibaca: Gugur! Timnas Indonesia U-22 Menang 3-1 atas Myanmar tapi Tetap Tersingkir
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News












