kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PKT Jalankan Program Berbagi Sembari Pastikan Ketersediaan Stok Pupuk Subsidi


Sabtu, 01 Juli 2023 / 14:17 WIB
PKT Jalankan Program Berbagi Sembari Pastikan Ketersediaan Stok Pupuk Subsidi
ILUSTRASI. Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) memastikan ketersediaan stok cukup untuk kebutuhan di masing-masing wilayah distribusi yang telah ditentukan. Secara total, PKT sudah mengamankan stok sebanyak 252.443 ton pupuk subsidi. 

Melalui produksi di lima pabrik amonia, lima pabrik urea dan tiga pabrik NPK serta 137 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, PKT memastikan kesediaan sebanyak 169.628 ton stok pupuk urea bersubsidi, 63.803 ton stok pupuk NPK Phonska dan 19.012 ton NPK Formula Khusus, serta 335.521 ton pupuk urea non subsidi dan 29.758 ton NPK non subsidi.
 
Tentunya jumlah stok pupuk ini sudah berada di atas batas aman untuk pemenuhan kebutuhan petani hingga kuartal ketiga 2023.

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi mengatakan bahwa PKT selalu memastikan ketersediaan stok di gudang PKT hingga proses penyaluran ke level distributor bahkan kios melalui pengiriman berkala ke wilayah-wilayah.  

“Stok pupuk ini nantinya akan disalurkan sesuai wilayah tanggung jawab PKT yang telah ditentukan pemerintah. Diantaranya wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan seluruh wilayah Sulawesi. Sedangkan untuk NPK bersubsidi formula khusus mencakup Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (30/6). 

Tak hanya mengamankan stok dan memastikan distribusi tepat sasaran, PKT juya mencari cara untuk meningkatkan kapasitas produksi pupuk, baik subsidi maupun non subsidi lewat inovasi dan teknologi. 

Salah satunya melalui pembangunan dan pengembangan kawasan industri pupuk di Fakfak, Papua Barat. Pembangunan pabrik pupuk di Fakfak ini nantinya akan menggenjot kapasitas produksi pupuk PKT dengan proyeksi sebesar 1,15 juta ton urea dan 825.000 ton amonia.

Salurkan 146 Hewan Kurban

Sementara dalam rangka perayaan Idul Adha 1444 Hijriah, PKT melalui Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) Yayasan Baiturrahman menyalurkan 146 hewan kurban yang terdiri dari 101 sapi dan 45 kambing. 

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, mengatakan tahun ini khusus jajaran Direksi Pupuk Kaltim berkuban 4 ekor sapi bagi mustahik di Kota Bontang dengan proses penyaluran sesuai sasaran yang telah ditentukan panitia BPUI. 

“Semoga kurban tahun ini menjadi berkah bagi karyawan Pupuk Kaltim bersama keluarga, serta memberi manfaat bagi masyarakat khususnya para mustahik di Kota Bontang,” kata Qomaruzzaman dalam keterangan resminya, Sabtu (1/7).

Sementara Ketua Panitia Idul Adha BPUI Pupuk Kaltim Julianta, mengatakan tahun ini bursa hewan kurban digelar secara offline dan online selama tiga hari, pada 26-28 Juni 2023. Proses penerimaan hewan kurban dari muqorrib dilakukan BPUI Pupuk Kaltim melalui tiga Masjid, yakni Masjid Baiturrahman sebanyak 46 sapi dan 33 kambing, lalu Masjid Fathul Khoir 36 sapi dan 8 kambing, serta Masjid Al Furqon masing-masing 19 sapi dan 4 kambing.

"Jumlah hewan kurban meningkat dari tahun sebelumnya dengan total 146 ekor, begitu pula dengan mustahik penerima manfaat. Selain itu BPUI juga telah memastikan kesehatan seluruh hewan kurban, sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK)," ujar Julianta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×