kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN bakal bangun SPKLU Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan di sisa tahun 2021


Rabu, 08 September 2021 / 20:10 WIB
PLN bakal bangun SPKLU Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan di sisa tahun 2021


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih mengejar penambahan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sisa tahun berjalan. Sampai tutup tahun 2021 nanti, perusahaan setrum pelat merah berencana menambah sekitar 62 unit SPKLU.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, penambahan SPKLU baru akan tersebar di beberapa lokasi. “Akan dipasang tambahan di Jalan Tol di Sumatera, beberapa di Sulawesi, Kalimantan,” kata Bob kepada Kontan.co.id, Rabu (8/9).

Dalam proyeksi PLN, kebutuhan SPKLU  bakal mengalami pertumbuhan yang pesat pada beberapa tahun mendatang. Pada tahun 2021, total kebutuhan SPKLU diperkirakan baru mencapai 168 unit dengan 1 asumsi kebutuhan 1 SPKLU untuk 10 kendaraan listrik. Angka ini diperkirakan bakal terus bertambah pesat menjadi 3.273 unit pada tahun 2027 lalu terus bertumbuh hingga mencapai 7.146 unit di tahun 2031.

Baca Juga: Pemerintah menyiapkan sejumlah insentif untuk mendorong ekosistem SPKLU

Untuk tahun ini, PLN sudah mencanangkan penambahan 168 unit SPKLU baru secara total. Sebanyak 67 unit SPKLU di antaranya bakal dibangun oleh PLN sendiri, sementara sebanyak 101 unit SPKLU diharapkan bisa dibangun oleh swasta. 

Kebutuhan investasi untuk membangun 67 unit SPKLU tersebut diperkirakan kurang lebih Rp 60 miliar. Sumber pendanaannya akan bakal mengandalkan kas internal PLN. Sepanjang tahun berjalan alias year-to-date (ytd), PLN sudah merealisasikan pembangunan 5 unit SPKLU baru. Penambahan kelima SPKLU ini memakan investasi sekitar Rp 5 miliar. 

Dengan tambahan kelima SPKLU baru ini, jumlah realisasi pembangunan SPKLU yang dikelola PLN sudah mencapai 42 unit. Titiknya tersebar di 29 lokasi di 17 kota. Bob optimistis, target penambahan 67 SPKLU untuk tahun buku 2021 masih bisa dikejar di sisa tahun berjalan. Saat ini, PLN masih mengawal proses lelang untuk kontraktor EPC pembangunan SPKLU dan pengadaan peralatan SPKLU

“Insya Allah (target bisa dikejar), karena sudah dalam penunjukan pemenang (untuk kontraktor EPC dan pengadaan peralatan SPKLU),” kata Bob.

Selanjutnya: Sudah sediakan SPKLU di 5 titik, Jasa Marga berencana tambah SPKLU lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×