kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN tambah 240 MW listrik Sumatera bagian utara


Senin, 19 Juni 2017 / 21:34 WIB
PLN tambah 240 MW listrik Sumatera bagian utara


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Hendra Gunawan

MEDAN. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berusaha menambah pasokan listrik. Salah satu cara instannya adalah dengan menyewa kapal Pembangkit Listrik Terapung atau Marine Vessel Power Plant (MVPP).

Salah satu kapal MVPP yaitu MVPP Onur Sultan yang berada di Medan pun baru saja beroperasi pada Juni ini. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meninjau langsung MVPP berkapasitas 240 MW tersebut pada Senin (19/6) di Belawan, Sumatera Utara.

Kunjungan ini juga sekaligus untuk melihat kesiapan pasokan listrik Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) jelang Lebaran. Dalam kunjungannya ini, Arcandra didampingi Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin.

Arcandra menyebut kehadiran MVPP di Medan ini sangat membantu untuk meningkatkan tambahan pasokan listrik di Sistem Sumatera bagian Utara (Sumbagut). Apalagi menurut Direktur Bisnis Regional Sumatera Amir Rosidin, sejak dinyatakan beroperasi secara commercial (COD) pada tanggal 15 Juni lalu, pasokan listrik dari MVPP Onur Sultan sudah bisa meningkatkan cadangan daya listrik PLN di wilayah Sumbagut.

"Dengan masuknya tambahan daya 240 MW dari MVPP, saat ini daya sistem Sumbagut menjadi 2.223 MW, dengan beban puncak tertinggi Sumut 1.558 MW dan Aceh 355 MW, dengan ini cadangan daya di Sumbagut menjadi 310 MW" ujar Amir.

Lebih lanjut Amir bilang adanya tambahan daya ini akan sangat penting untuk keandalan sistem serta membuka ruang yang cukup untuk melayani para pelanggan baru di Sumut dan Aceh. MVPP Onur Sultan sendiri tercatat memiliki panjang 300 meter dan lebar 50 meter.

Kapal ini dilengkapi mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit, dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2×15 MW. Salah satu kelebihan MVPP ini adalah memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG).

Selain itu, kapal pembangkit listrik yang disewa PLN selama 5 tahun ke depan ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya, yaitu tidak membutuhkan lahan untuk membangun, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar lebih hemat, tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah. Hadirnya kapal pembangkit listrik ini merupakan solusi cepat untuk pemenuhan kebutuhan listrik sambil menunggu pembangkit permanen selesai dibangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×