kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45965,95   15,80   1.66%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

PPI Terus Guyur Ratusan Ribu Liter Minyak Goreng ke Pedagang Tradisional


Selasa, 22 Februari 2022 / 11:02 WIB
PPI Terus Guyur Ratusan Ribu Liter Minyak Goreng ke Pedagang Tradisional
ILUSTRASI. PPI distribusikan minyak goreng curah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia / PPI Member Of ID Food terus mendistribusikan minyak goreng kepada pedagang di pasar-pasar di Jabodetabek.

Sejak tanggal 10 Februari hingga 21 Februari 2022, PPI sudah mendistribusikan sebanyak lebih dari seratus sepuluh ribu liter minyak goreng, ke pasar Rawamangun, Kelapa Gading, Cibubur, Pantai Indah Kapuk, Jembatan Besi, Kebayoran Lama, Ciputat, Tomang Barat, Klender, Jelambar Polri dan Palmerah, serta pasar Cingambul Majalengka, Jawa Barat. 

PPI dalam melaksanakan pendistribusian ini atas dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, ID Food, dan juga berkolaborasi dengan berbagai elemen seperti APPSI, Perusahaan Daerah Pasar Jaya, APICAL, dan berbagai komponen lainnya.

PPI akan terus menambah jumlah minyak goreng yang akan didistribusikan beserta sebaran lokasinya, yaitu di wilayah Sumatera berjumlah 30 pasar, Jawa dan Nusa Tenggara 50 pasar, Kalimantan 9 pasar, Sulawesi 11 pasar, Maluku dan Papua 10 pasar, dan lainnya 11 pasar.

Baca Juga: Satgas Pangan: Penimbun Minyak Goreng Bisa Dipidana

PPI dalam kapabilitasnya sebagai trading logistik bersama-sama anak perusahaan PT BGR Logistik Indonesia, memiliki kesiapan untuk melakukan pendistribusian minyak goreng karena memiliki sebaran 52 cabang, 67 ribu mitra warung pangan, dan 351 armada pendukung di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini terlaksana karena selain peran Holding Pangan dalam menjaga ekosistem rantai pasok pangan, juga sebagai dukungan terhadap implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 yang mulai berlaku pada 1 Februari 2022, tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Goreng Sawit, yaitu sebesar Rp 11.500 per liter untuk minyak goreng curah, Rp 13.500/liter untuk minyak goreng kemasan sederhana, dan Rp 14.000 per liter untuk minyak goreng kemasan premium.

Beberapa waktu yang lalu Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, juga meminta seluruh distributor untuk menyalurkan minyak goreng secara cepat dan masif.

“Permasalahan bukan hanya di pasokan minyak goreng, tetapi juga di distribusi. Permasalahan ini akan disingkirkan semua agar distribusi berjalan dengan baik. Kami akan pastikan distribusi minyak goreng sampai ke Indonesia Timur akan berjalan. Diharapkan dengan distribusi yang cepat dan masif dapat segera menurunkan harga minyak goreng,” ujar Mendag Muhammad Lutfi pada Jumat, 18 Februari 2022, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa masalah minyak goreng yang tengah terjadi saat ini harus dirajut bersama-sama dengan masyarakat dan pemerintah dan menyatakan dengan segala kemampuan yang dimiliki BUMN berupaya untuk terus membantu masyarakat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×