kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PPLBI: Hasil penelitian tim UGM, PLB sudah berjalan sesuai peruntukannya


Kamis, 18 Februari 2021 / 10:01 WIB
PPLBI: Hasil penelitian tim UGM, PLB sudah berjalan sesuai peruntukannya
ILUSTRASI. Pusat logistik berikat


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) menyampaikan hasil temuan Tim peneliti dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) seputar evaluasi bisnis serta dampak ekonomi pusat logistik berikat (PLB).

Ketua PPLBI Ety Puspitasari mengatakan, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa PLB yang berjalan saat ini sesuai dengan cita-cita pertama kali PLB didirikan.

“PLB sudah sesuai fungsi dan peruntukannya sebagai sebuah fasilitas negara, sehingga tuduhan negatif mengenai PLB selama ini bisa terbantahkan,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id.

Sebelumnya, tim peneliti dari FEB UGM melakukan penelitian dengan tajuk “Evaluasi Proses Bisnis dan Dampak Ekonomi Pusat Logistik Berikat Indonesia”.

Berdasarkan hasil penelitian, Tim Peneliti FEB UGM yang diketuai Kusdhianto Setiawan, Ph.D menilai, program PLB on the right track dan memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia. 

Beberapa pengukuran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah ini menghasilkan beberapa kesimpulan, salah satunya yakni bahwa program PLB membuat akses bahan baku dan penolong menjadi lebih efisien dan efektif dari segi waktu dan proses, sehingga berakibat positif terhadap efisiensi biaya logistik.

Baca Juga: Kemenaker akan bangun BLK di Kawasan Industri Batam

Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran lebih lanjut bagi PPLBI seputar hal-hal yang harus menjadi perhatian ke depan agar pengembangan PLB lanjutan bisa membawa dampak positif yang lebih luas, mencakup industri skala kecil dan menengah.

Nantinya, beberapa poin yang didapatkan dari hasil penelitian ini akan menjadi landasan bagi PPLBI untuk meningkatkan kinerja. PPLBI berharap, upaya PPLBI bisa didukung oleh lembaga dan kementerian terkait sehingga percepatan pertumbuhan industri bisa dicapai. 

PPLBI percaya, efisiensi dan efektifitas logistik akan memberikan kontribusi perbaikan dalam pemulihan ekonomi di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dalam tiga bulan mendatang, PPLBI berencana mengadakan program sosialisasi hasil penelitian tim peneliti FEB UGM baik untuk internal maupun eksternal. Tujuannya ialah untuk menggandeng pihak-pihak terkait agar bisa melakukan kerjasama dan dukungan untuk PLB lebih baik lagi. 

Selanjutnya: PPKM mikro berlaku hari ini, berikut sektor saham yang untung & buntung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×