Reporter: Umi Kulsum | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Kalau tak ada aral melintang, bulan Maret atau April 2017 nanti PT Asri Pancawarna mengoperasikan satu lini produksi baru. Dengan penambahan lini produksi baru, perusahaan ini berharap, bisa memproduksi dan menjual 500.000 m² granit per bulan.
Dengan begitu, target penjualan Asri Pancawarna sepanjang tahun 2017 adalah 6 juta m² granit. Sebagai perbandingan, target penjualan produsen granit Indogress dan Decogress pada tahun 2016 antara 4 juta m²-5 juta m² granit.
Lebih jauh, Asri Pancawarna mendamba nilai penjualan mendaki tahun ini. "Kami berharap, bisnis kami dapat bertumbuh 20%-25% tahun ini dengan menghidupkan line," ujar Hendrata Atmoko, Wakil Presiden Direktur PT Asri Pancawarna, saat dihubungi KONTAN, Rabu (11/1).
Supaya operasional lini produksi baru sejalan dengan target, Asri Pancawarna siap mengucurkan belanja modal Rp 1 miliar. Duit tersebut untuk membeli bahan baku dan bahan penunjang produksi lain.
Sementara mengenai pemasaran, Asri Pancawarna mengulik peluang bisnis dari proyek swasta dan pemerintah. Proyeksi komposisi proyek 60%-70% proyek swasta dan 30%-40% proyek pemerintah.
Tanpa menyebutkan detail, proyek yang mereka bidik seperti perkantoran, bandar udara dan pelabuhan Lalu, pasar ekspor juga menjadi cara lain Asri Pancawarna mengail potensi bisnis. Mereka berhasrat masuk pasar Amerika Serikat (AS).
"Kami masih coba pelajari, rencananya tahun ini masuk ke AS," ungkap Hendrata.
Informasi saja, kontribusi penjualan ekspor Asri Pancawarna saat ini antara 5%-10%. Selebihnya adalah kontribusi penjualan domestik. Pasar ekspor yang sudah mereka jamah adalah Jepang, Brunei Darussalam dan Vietnam.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News