kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPP Tuntaskan Konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2


Senin, 27 Februari 2023 / 10:32 WIB
PTPP Tuntaskan Konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2
ILUSTRASI. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil menuntaskan pembangunan konstruksi Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung ? Demak, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil menuntaskan pembangunan konstruksi Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung – Demak, Jawa Tengah. Proyek jalan tol tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Dalam peresmiannya tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto, serta jajaran pejabat pemerintahan dan pejabat lainnya. Acara peresmian tersebut dilaksanakan secara langsung di Gerbang Tol Demak, Desa Kadilangu, Demak, Jawa Tengah pada hari Sabtu (25/02) lalu.

Proyek Jalan Tol yang naungi oleh BUJT PT PP Semarang-Demak (PPSD) ini terletak di utara Jalan Nasional Semarang – Demak yang akan menunjang transportasi pada jalur Pantura, Jawa Tengah.

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Semarang-Demak Seksi II, Berlaku Mulai Hari Ini 27 Februari 2023

PPSD merupakan salah satu anak usaha PTPP yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. Selain sebagai investor, PTPP juga berperan selaku kontraktor dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 memiliki panjang lintasan 16,01 kilometer di mana dimulai dari Sayung STA 10+390 sampai dengan STA 26+400. Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung - Demak ini memiliki tarif tol awal untuk kendaraan Golongan I sebesar Rp 1.195 per kilometer.

Jalan Tol Semarang – Demak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diinisiasi dan dicanangkan oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah transportasi yang ada di daerah tersebut, seperti sering terendamnya Jalan Nasional Pantura (Kaligawe – Sayung) akibat banjir rob, adanya kemacetan lalu lintas di Jalan Nasional Pantura terutama Kaligawe dan Terboyo, serta kerugian ekonomi akibat terganggunya kegiatan logistik pada Kawasan Industri.

Jalan tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Semarang ke Demak menjadi 20 menit dari sebelumnya
mencapai 45 menit sampai 1,5 jam. Adanya pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan tanggul laut diharapkan dapat meminimalisir banjir rob yang sering melanda kawasan pesisir Semarang dan Demak. Selain itu, kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat meningkatkan potensi pengembangan wilayah di sepanjang koridor rencana serta meningkatkan konektivitas di kawasan industri sekitar.

Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung – Demak ini menerapkan berbagai inovasi dan teknologi konstruksi terdepan di dalam pelaksanaan konstruksinya. Adapun beberapa inovasi dan teknologi yang digunakan antara lain penerapan BIM dan lean construction, pekerjaan perbaikan tanah menggunakan PVD dan PHD, pengecoran slab dan pilehead pada struktur Slab on Pile dengan perancah menggantung, optimalisasi laju konsolidasi dengan galian sumuran, pengecoran rigid pavement dengan slipform paver, penggunaan bambu untuk timbunan trial embankment, PVD dengan kedalaman 42 meter yang merupakan pertama di Indonesia dalam trial embankment.

Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP bilang, selain berfungsi sebagai konektivitas antara wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah, kehadiran Jalan Tol l Semarang Demak ini juga akan difungsikan sebagai tanggul laut penahan banjir rob dan genangan air yang selama ini menjadi masalah di sekitar Kota Semarang.

"Semua pembangunan fasilitas Jalan Tol Semarang Demak yang dikerjakan oleh PTPP merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan loyalitas tanpa batas dalam membangun negeri ini dan mendorong pertumbuhan infrastruktur di Indonesia,” ujar dia dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (27/2).

 

Pihak PTPP pun bangga berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung – Demak ini tepat waktu. Tidak hanya itu, PTPP juga tetap menghadirkan kualitas terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Kehadiran Jalan Tol Semarang Demak ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jawa Tengah khususnya di area Semarang dan
Demak,” tandas Novel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×