kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

PUPR Siapkan Penginapan Rp 300.000 di Kawasan Borobudur Jelang Waisak


Minggu, 15 Mei 2022 / 15:40 WIB
PUPR Siapkan Penginapan Rp 300.000 di Kawasan Borobudur Jelang Waisak
ILUSTRASI. Seorang Bhiksu berjalan di sekitar kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2019).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Borobudur menjelang perayaan Waisak, Senin (16/5/2022).

Sarhunta Borobudur ini disiapkan agar umat Buddha yang datang ke perayaan Waisak dan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur dapat menginap di Sarhunta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyedian Sarhunta ini merupakan upaya pemerintah agar sektor pariwisata yang sempat mati suri akibat pandemi dapat kembali bergeliat.

Pasalnya pemerintah meyakini sektor pariwisata sebagai salah satu sektor strategis untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga: Jam Malam Dicabut, Warga Sri Lanka Rayakan Waisak di Tengah Krisis

"Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan pandemi Covid-19, pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN/DSPS yang dihentikan," ujar Basuki dalam keterangannya, Minggu (15/5).

Dia menjelaskan, program Sarhunta merupakan rangkaian kegiatan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan.

Program ini bertujuan meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni dan sekaligus mendorong perekonomian karena rumah bisa dimanfaatkan sebagai homestay bagi para wisatawan yang berkunjung.

Salah satu penerima manfaat Sarhunta Candi Borobudur Suripto mengatakan, kehadiran Sarhunta dapat meningkatkan kualitas hunian, mendorong perekonomian masyarakat sekaligus mendukung sektor pariwisata yang ada di Borobudur.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×