kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pyridam Farma (PYFA) bidik pertumbuhan penjualan dan laba hingga 50% tahun ini


Rabu, 25 Agustus 2021 / 18:44 WIB
Pyridam Farma (PYFA) bidik pertumbuhan penjualan dan laba hingga 50% tahun ini
ILUSTRASI. Pyridam Farma


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) terus menggeber kinerjanya di tahun 2021. Perusahaan farmasi tersebut membidik pertumbuhan penjualan sebesar 50% (yoy) hingga akhir tahun nanti.

Direktur Pyridam Farma Yenfrino Gunadi mengatakan, dengan potensi pertumbuhan penjualan sebesar 50% (yoy) di tahun ini, maka laba bersih PYFA juga diharapkan bisa tumbuh dengan angka serupa di periode yang sama.

Sekadar catatan, di kuartal I-2021, penjualan bersih PYFA naik 49% (yoy) menjadi Rp 117,4 miliar. Sementara laba bersih PYFA melesat 149% (yoy) menjadi Rp 10,9 miliar.

Porsi kontribusi terbesar penjualan bersih PYFA masih berasal dari produk farmasi, servis, dan jasa makloon sebanyak 76,6%. Adapun 23,4% sisanya berasal dari produk alat kesehatan. Meski kontribusinya belum seberapa, penjualan produk alat kesehatan PYFA naik signifikan hingga 585% (yoy) di kuartal I-2021.

Baca Juga: Inocycle Technology Group (INOV) ubah penggunaan dana hasil IPO

“Produk alat kesehatan ini disumbangkan terbesar oleh alat tes PCR dan produk yang terkait Covid-19,” ujar Yenfrino dalam paparan publik virtual, Rabu (25/8).

PYFA sendiri telah mampu menjangkau area penjualan hingga 34 provinsi di Indonesia serta memiliki dua negara ekspor yaitu Hong Kong dan Filipina. Meski ekspor PYFA tergolong mini, perusahaan ini tetap berupaya menjajaki rencana ekspor produk ke negara-negara lainnya dalam beberapa waktu ke depan.

“Kami sedang jajaki kerja sama dengan lebih banyak partner dan mitra global. Kami harap ini bisa direalisasikan,” tuturnya.

Manajemen PYFA pun memiliki sederet inisiatif strategis guna mencapai target pertumbuhan penjualan di tahun ini. Inisiatif tersebut mencakup pada aspek organik yang terfokus pada beberapa segmen bisnis PYFA seperti obat resep, derma, OTC, jasa makloon, dan alat kesehatan.

Baca Juga: Ini strategi Austindo Nusantara Jaya (ANJT) dongkrak kinerja di tahun 2021

Di segmen obat resep, PYFA berupaya mengeksplorasi produk-produk innovator, patent off, non infringement, perluasan area cakupan, serta transformasi dan pemanfaatan platform digital untuk mendukung penjualan.

PYFA juga fokus pada aesthetic beauty, memperkuat tim penjualan, dan eksplorasi co-marketing dengan mitra global sebagai strategi inisiatif di segmen bisnis derma.




TERBARU

[X]
×