ILUSTRASI. Roposo, Platform LIVE berbasis tren, diluncurkan secara resmi di Indonesia, Senin (30/10).
Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Lidya Yuniartha
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Roposo, Platform LIVE berbasis tren, diluncurkan secara resmi di Indonesia, Senin (30/10). Platform ini dirancang untuk mentransformasi ekosistem konten Indonesia dengan menyediakan kesempatan unik melalui pengalaman LIVE bagi seluruh stakeholder, termasuk konsumen, kreator, mereka dan pengiklan.
Adapun, Roposo akan dihadirkan dalam Glance, platform lock screen pintar yang sudah memiliki 30 juta pengguna aktif di Indonesia, dan akan tersedia pula sebagai aplikasi di Android Play Store dan Apple App Store.
Mansi Jain, Senior Vice President & GM Roposo mengatakan, pertumbuhan pengguna di Glance akan seiring dengan pertumbuhan pengguna aktif di Roposo. Meski begitu, karena aplikasi ini pun bisa diunduh melalui perangkat iOS maupun Android, diharapkan terdapat pertumbuhan pengguna melalui aplikasi tersebut. Dia berharap akan terdapat pertumbuhan pengguna aktif yang signifikan di tahun mendatang, baik melalui Glance maupun lewat aplikasi sendiri.
"Saat ini kami sudah memiliki 15 juta pengguna aktif bulanan. Saya rasa dalam 2-3 bulan ke depan, kami akan mencapai sekitar 20 juta pengguna aktif. Di 2024, setidaknya [pertumbuhannya] dua sampai tiga kali," tutur Mansi, Senin (30/10).
Selama lebih dari 5 bulan terakhir, Roposo sudah diuji coba sebanyak lebih dari 40 pertunjukan live setiap hari, dan menarik lebih dari 1 juta penonton acara LIVE per hari dan 2 jam konten yang dikonsumsi lewat platform ini. Sudah ada pula lebih dari 200 kreator yang bergabung. Ditargetkan, dalam 3-4 kuartal mendatang, ada 1.000 kreator baru yang bergabung.
Dalip Shahri, Direktur Pengembangan Pasar Glance di Indonesia menyebut, untuk menjadi kreator di Glance perlu dilakukan kurasi lebih dulu. "Jadi kalau mau bergabung jadi kreator harus mendaftar dulu, tidak bisa download, besok langsung bergabung dan live. Ada policy kurasi dan kreator itu harus mengikuti SOP dari Roposo," ujarnya.
Kreator yang bergabung di Roposo pun berasal dari berbagai kalangan dengan berbagai topik yang dibahas. Mulai dari hiburan, fesyen, gaya hidup, makanan dan memasak, olahraga, dan banyak lagi.
Adapun, terdapat 3 pilar yang diusung lewat Roposo. Mulai dari menampilkan tren terkini, membentuk komunitas, dan memberikan pengalaman interaktif. Di Dengan begitu, lewat Roposo, pengguna bisa mendapatkan pengalaman LIVE yang memungkinkan mereka terhubung terhadap budaya pop dan sosial yang paling tren, mengubah konsumen menjadi partisipan aktif, dan bisa mengekspresikan diri mereka di komunitas yang memiliki minat yang sama.
Roposo juga disebut memiliki keunggulan dibandingkan platform lain. Pasalnya, lewat platform ini, konten yang disajikan berkualitas dan memberikan pengalaman LIVE menarik yang konsumen sukai. Bahkan, kreator pun bisa mendapatkan monetisasi dari hari pertama perjalanan mereka dengan Roposo, terlepas dari jumlah pengikut yang mereka miliki.
Bagi merek dan pengiklan, Roposo menyediakan kesempatan untuk terhubung dan terlibat dengan penonton yang tepat melalui pengalaman LIVE. Kesempatan ini termasuk menjangkau konsumen di lock screen pintar Glance, sehingga memungkinkan konsumen untuk menemukan pengalaman konten premium di lock screen Android mereka.
Hingga saat ini, Roposo sudah diluncurkan di India dan telah memiliki 80 juta pengguna aktif. Setelah Indonesia, rencananya Roposo akan diperluas ke pasar lain termasuk ke Amerika Serikat, Brasil, Jepang dan negara lain.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Reporter: Lidya Yuniartha
Editor: Lidya Yuniartha