kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi Split Off, Hendi Prio Santoso Diangkat Jadi Bos Mineral Industri Indonesia


Selasa, 21 Maret 2023 / 20:33 WIB
Resmi Split Off, Hendi Prio Santoso Diangkat Jadi Bos Mineral Industri Indonesia
ILUSTRASI. Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MIND ID resmi memiliki nama usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) setelah sebelumnya bernama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Kementerian BUMN mengangkat Hendi Prio Santoso menjadi nakhoda Holding Industri Pertambangan ini dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung di Jakarta, Selasa (21/3).

Ada beberapa poin yang dibahas di dalam RUPS, Selasa (21/3), di antaranya pengangkatan anggota komisaris dan direksi MIND ID, perubahan nama MIND ID yang sebelumnya Inalum menjadi PT Mineral Industri Indonesia, dan pengalihan saham.

Tujuan dilakukan transformasi ini agar MIND ID akan lebih fokus pada strategic holding company sementara Inalum akan fokus pada pengembangan hilirisasi aluminium nasional.

Baca Juga: Larangan Ekspor di Juni 2023 Akan Berdampak pada 20 Juta Ton Bijih Bauksit

Lewat strategi ini, ke depannya MIND ID terus menjalankan mandat Pemerintah Indonesia dalam hal pengelolaan industri pertambangan nasional dengan melakukan lima strategi bisnis dalam rangka meningkatkan performa dari Grup MIND ID yang lebih berkelanjutan dan bermanfaat.

Kelima strategi itu ialah memaksimalkan eksplorasi dan pertumbuhan produksi pertambangan, melakukan peningkatan daya saing biaya dengan memaksimalkan platform digital, memaksimalkan skala hilirisasi aset dengan cara mengoptimalkan Project Manajemen Officer (PMO).

Kemudian, MIND ID menerapkan ekspansi industri hilir, yang salah satu strategi yang dilakukan MIND ID adalah dengan mengembangkan ekosistem kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) dan pembenahan portofolio melalui riset dan pengembangan juga mengoptimalkan portofolio MIND ID di sektor pertambangan.

Adapun sebagai direksi baru untuk MIND ID dan Inalum, Kementerian BUMN menunjuk dewan direksi dan dewan komisaris yang baru PT Mineral Industri Indonesia (Persero) sebagai berikut:

Berikut jajaran Komisaris dan Direksi PT Mineral Industri Indonesia (Persero)

Komisaris Utama: Doni Monardo

Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Komisaris: Ridwan Djamaluddin

Komisaris Independen: Muhammad Munir


Direktur Utama: Hendi Prio Santoso

Wakil Direktur Utama: Dany Amrul Ichdan

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha: Dilo Seno Widagdo

Direktur Keuangan: Akhmad Fazri

Direktur Manajemen Risiko dan HSSE: Nur Hidayat Udin

Baca Juga: Mind Id Siap Mendukung Program Hilirisasi Pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×