kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.568.000   13.000   0,84%
  • USD/IDR 16.190   15,00   0,09%
  • IDX 7.089   24,28   0,34%
  • KOMPAS100 1.050   2,99   0,29%
  • LQ45 820   -0,96   -0,12%
  • ISSI 212   2,00   0,95%
  • IDX30 421   -0,80   -0,19%
  • IDXHIDIV20 504   -0,45   -0,09%
  • IDX80 120   0,40   0,33%
  • IDXV30 124   0,56   0,46%
  • IDXQ30 139   -0,48   -0,34%

Revitalisasi alur pelayaran barat Surabaya selesai


Selasa, 19 Mei 2015 / 11:36 WIB
Revitalisasi alur pelayaran barat Surabaya selesai
ILUSTRASI. Ada beberapa metode belajar untuk anak yang bisa diterapkan di rumah untuk membuat belajar makin efisien dan efektif.


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akhirnya merampungkan program revitalisasi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) untuk mengatasi persoalan kepadatan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Alur yang semula hanya memiliki dengan kedalaman 9,5 meter dengan lebar 100 meter LWS, kini diperdalam hingga 13 meter LWS dengan lebar 150 meter. Proyek tersebut merupakan kerja sama dengan perusahaan asal Belanda, Van Oord Dredging and Marine Contractors BV.

"Dulu APBS hanya bisa dilalui kapal-kapal berukuran 15 ribu deadweight tonnage (DWT). Pasca revitalisasi, bisa mencapai 80 ribu DWT," kata Djarwo Surjanto, Direktur PT Pelindo III di Jakarta, Selasa, (19/5).

Menurutnya selesainya revitalisasi alur ini akan menguntungkan bagi pelabuhan dan industri yang berada di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. Djarwo mencontohkan pabrik pupuk PT Petrokimia Gresik. Kata dia, dengan alur yang semakin dalam perusahaan pelat merah yang semula hanya mampu membawa fosfat 15 ribu ton kini bisa mendatangkan kapal bermuatan fosfat 60-80 ribu ton.

Tak hanya menampung kapal lebih besar, dengan alur yang semakin dalam ini juga memungkinkan pelabuhan Tanjung Perak untuk membuka jalur pelayaran langsung Menuju Tiongkok. Selama ini kapal-kapal di Indonesia baru bisa sampai ke Singapura. "Kondisi ini tentunya akan berdampak pada daya saing logistik nasional,” ujar Djarwo.

Asal tahu saja, demi menuntaskan proyek ini Pelindo III sudah membentuk perusahaan joint venture dengan mitranya yang diberi nama PT Pelindo Marine Service (PMS). Disana Pelindo III menggenggam kepemilikan 60% dan sisanya dimiliki VO. Nilai investasi pengerukan alur ini mencapai US$ 76 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×