kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samator Indo Gas (AGII) Cetak Kenaikan Penjualan 5,6% pada Semester I


Selasa, 01 Agustus 2023 / 16:59 WIB
Samator Indo Gas (AGII) Cetak Kenaikan Penjualan 5,6% pada Semester I
ILUSTRASI. Seorang karyawan menyiapkan tabung oksigen untuk diisi ulang di penyedia oksigen PT Samator, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (5/7/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/pras.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) telah mengumumkan laporan keuangan konsolidasian interim untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2023 dan 30 Juni 2022. Per akhir semester I-2023, total penjualan AGII mencapai Rp 1,33 triliun atau tumbuh 5,6% dibandingkan capaian pada semester I-2022.

Laba bruto AGII mencapai Rp 603,61 miliar atau meningkat 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan laba tahun berjalan perusahaan tercetak di angka Rp 68,89 miliar, tumbuh 28% dibandingkan realisasi per 30 Juni 2022 yang mencapai Rp 53,84 miliar.

Direktur Utama Samator Indo Gas Rachmat Harsono menyampaikan, AGII baru saja mengoperasikan filling station terbaru di Provinsi Kalimantan Utara untuk memenuhi peningkatan kebutuhan dari para pelanggan di wilayah Kalimantan Utara, khususnya untuk segmentasi pelanggan smelter di industri Mineral. 

Dengan bertambahnya filling station di provinsi tersebut, maka wilayah operasional AGII menjadi 29 provinsi dari yang semula 28 provinsi. Hal ini sesuai dengan rencana AGII untuk memenuhi kebutuhan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Bersih Semen Indonesia (SMGR) Kompak Naik di Semester I

"Perusahaan berhasil mencetak pertumbuhan yang signifikan dengan penjualan sebesar 27,1%, EBITDA sebesar 28%, dan laba tahun berjalan sebesar 50,8% bila dibandingkan dengan kondisi pre-pandemi pada semester I-2019,” ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (1/8).

Rachmat melanjutkan, pada semester I-2023 AGII mencatat pertumbuhan paling kuat dari sektor manufaktur lainnya dan infrastruktur akibat tingginya permintaan segmentasi pelanggan minyak dan gas. Namun, permintaan dari sektor retail belum mencerminkan pertumbuhan yang diharapkan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada Semester II-2023 AGII melihat adanya potensi pertumbuhan yang lebih baik lagi melalui tambahan proyek yang akan beroperasi dan strategi keuangan yang akan dijalankan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan. 

"Rencana kerja tersebut diharapkan tidak hanya akan mendukung kinerja perusahaan dari sisi keuangan, melainkan juga memberi nilai tambah untuk perusahaan dari sisi Environmental, Social, and Good Governance (ESG),” imbuh dia.

AGII terus berusaha mengutamakan kepuasan pelanggan di semua sektor guna memperkuat market penetration di seluruh wilayah operasional perusahaan.

Baca Juga: Penjualan Depo Bangunan (DEPO) Naik 4,76% Jadi Rp 1,27 Triliun pada Semester I-2023

Khusus untuk memberikan apresiasi lebih untuk para pelanggan, maka AGII terus melanjutkan program undian #GasTeruuus! yang akan berlangsung sampai dengan 30 April 2024. 

Program ini terbuka bagi pelanggan perorangan maupun badan usaha yang melakukan transaksi pembelian produk packaged gas. Dengan program tersebut, diharapkan seluruh basis pelanggan menjadi lebih kuat dan membantu kontribusi terhadap pertumbuhan keuangan AGII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×