kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sambungan fiber optik TLKM sudah capai 31,5 juta rumah


Selasa, 13 Agustus 2019 / 15:42 WIB
Sambungan fiber optik TLKM sudah capai 31,5 juta rumah
ILUSTRASI. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk menyebut bahwa sambungan ke rumah atau homepass fiber optik miliknya terus bertumbuh.

Apalagi manajemen emiten berkode TLKM tersebut juga terus menebar jaringan fiber optik ke berbagai kota. Ririek Adriansyah, Direktur Utama TLKM menyebut sampai dengan saat ini Telkom sudah membangun 140.000 km fiber optik.

Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Panjang jaringan fiber optik TLKM mencapai empat kali keliling bumi.

Baca Juga: IHSG menguat, saham TLKM dan BBRI paling besar nilai transaksinya, Jumat (9/8)

"Untuk fiber optik sampai dengan hari ini, kira-kira ada 31,5 juta homepass. Jadi hampir setengah rumah di Indonesia sudah dilalui," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/8).

Selain itu, manajemen juga telah memiliki lebih dari 204.000 BTS di seluruh Indonesia dengan komposisi sekitar 35% hingga 40% merupakan BTS 4G.

Hal ini ditambah sekitar 9.108 BTS di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dengan mayoritas 2G dan 3G. "Jaringan 4G kami sudah menjangkau 95% dari total populasi," lanjutnya.

Selain itu, manajemen TLKM juga sudah membangun 385.845 jaringan wifi baik yang diakses secara gratis maupun berbayar. Yang jelas, Ia menyebut ekspansi jaringan terus dilakukan TLKM baik dari sisi infrastruktur hingga ke hulu.

"Kalau di Telkom itu kami ada istilah DNA, itu device, network dan aplikasi. Bobot terbesar saat ini ada di network, tetapi kami juga berkembang di device dan aplikasi," tutupnya.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×