kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sasar pembeli ritel, Perum Perindo luncurkan merek dagang Ikanaku


Selasa, 27 Oktober 2020 / 14:46 WIB
Sasar pembeli ritel, Perum Perindo luncurkan merek dagang Ikanaku
Produk olahan makanan laut dari Perum Perindo


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meluncurkan ritel produk perikanan dengan brand bernama “Ikanaku”. Ikanaku terdiri dari produk-produk untuk bahan dasar masakan atau kuliner perikanan khas Indonesia antara lain kakap merah, ikan kembung, bandeng, ikan cakalang, tenggiri, Ikan bawal dan salmon.

Selain itu, ada juga beberapa olahan seperti tenggiri giling, tenggiri steak, tuna steak, salmon portion, angoli fillet, ikan dori, cumi, udang kupas. Selanjutnya, perusahaan juga menawarkan produk siap masak (ready to cook) seperti Ikan nila bumbu kuning, udang saos dan masih banyak lagi.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan, brand “Ikanaku” ini terdiri atas produk - produk existing yang dimiliki Perum Perindo. Namun sekarang mulai dikembangkan melalui inovasi produk siap masak (ready to cook) dan siap makan (ready to eat) sesuai kebutuhan masyarakat. “Pada masa pandemi covid ini, kami turut mengubah strategi korporasi dari sebelumnya fokus pada pemasaran korporasi, sekarang menjajaki pasar ritel,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10).

Oleh karena itu, Perum Perindo menginisiasi brand ritel  “Ikanaku” pada setiap produk unggulan yang dipasarkan. Sasaran Utama Perum Perindo dalam memasarkan produk “Ikanaku” adalah fokus terhadap apa yang dibutuhkan konsumen.

Baca Juga: Perum Perindo teken kerja sama dengan Bhanda Ghara Reksa

Hal ini telah melalui evaluasi dan pengkajian setiap penerapan bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Era sekarang, sebut Fatah, merupakan fenomena disrupsi. Oleh karena itu, perusahaan menerapkan pola “know your customers”.

Meskipun cukup menantang,  perusahan mulai mengubah perilaku komunikasi dari konvensional mengarah ke digital online dengan memaksimalkan media komunikasi online pada pendistribusian produk. Salah satunya dengan memanfaatkan CMC (computer mediated communication) melalui pemanfaatan aplikasi media komunikasi online pada pendistribusian retail.

“Untuk menciptakan produk kompetitif, kami juga mempromosikan brand ritel “Ikanaku” melalui berbagai media komunikasi seperti media perusahaan, media sosial dan promosi offline,” tuturnya.

Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan produk ikanaku ini mudah didapatkan. Caranya yakni dengan layanan retail melalui aplikasi whatsapp dan grab mart. Selain itu, produk “Ikanaku” juga tersedia di Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Adapun strategi pemasarannya melalui kerja sama dengan BUMN Klaster Pangan. Selanjutnya, Perum Perindo menggandeng kementerian Desa yang akan mendistribusikan produk “Ikanaku” ke BUMDes yang tersebar di beberapa titik pelosok wilayah di Indonesia.

Dengan beberapa taktik di atas, Perum Perindo turut mengevaluasi faktor eksternal seperti adanya regulasi pemerintah maupun isu-isu yang berkembang untuk menciptakan penerapan bisnis yang sehat dan efektif.

Selanjutnya: Perum Perindo resmi operasikan pabrik pakan senilai Rp 165 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×