kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Sempurna (SMSM) Tetap Berikhtiar Mengejar Target Kinerja di Sisa Tahun Ini


Senin, 24 Oktober 2022 / 21:29 WIB
Selamat Sempurna (SMSM) Tetap Berikhtiar Mengejar Target Kinerja di Sisa Tahun Ini


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen komponen filter dan radiator, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) optimistis dengan prospek kinerjanya di sisa tahun 2022. SMSM membidik pertumbuhan penjualan dan laba bersih 15% sampai akhir tahun ini. 

Tahun lalu, Selamat Sempurna meraih penjualan bersih Rp 4,16 triliun dan laba bersih Rp 662,04 miliar. Dengan asumsi target tadi, maka penjualan bersih Selamat Sempurna di tahun 2022 dapat mencapai Rp 4,87 triliun sedangkan laba bersih emiten ini diprediksi sebesar Rp 761,35 miliar.

Ang Andri Pribadi, Chief Financial Officer Selamat Sempurna menilai, target kinerja yang dicanangkan Manajemen Selamat Sempurna masih cukup realistis. Faktor berupa tren historis membuat emiten ini percaya diri menatap prospek bisnis sampai akhir tahun nanti. "Selama ini kinerja kami di semester kedua lebih baik dibandingkan dengan semester pertama," kata dia, Jumat (21/10).

Baca Juga: Selamat Sempurna (SMSM) Kantongi Rp 42,92 Miliar dari Dividen Anak-anak Usaha

Sekadar catatan, pada semester pertama 2022 penjualan bersih Selamat Sempurna tumbuh 17% year on year (YoY) menjadi Rp 2,31 triliun. Perusahaan ini juga mengalami kenaikan laba bersih 20% YoY menjadi Rp 377 miliar.

Andri menyebut, sekitar 70% penjualan bersih Selamat Sempurna ditujukan untuk pasar ekspor seperti kawasan Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, dan lain-lain. Dengan begitu, faktor utama yang dapat mempengaruhi kinerja Selamat Sempurna di sisa tahun ini adalah kondisi dan situasi makroekonomi global, termasuk gejolak geopolitik Rusia-Ukraina, krisis energi dunia yang memicu inflasi, dan kekhawatiran peningkatan suku bunga acuan global secara agresif.

Beruntung, sampai saat ini faktor-faktor tadi belum berdampak bagi kinerja ekspor Selamat Sempurna. "Ini mengingat produk kami mayoritas dijual untuk pasar replacement atau aftermarket yang cenderung lebih stabil," ungkap Andri.

Asal tahu saja, Selamat Sempurna memiliki sejumlah perusahaan original equipment manufacture (OEM) yang menjadi pelanggannya. Di antaranya adalah Carrier, Daihatsu, Hyundai, Isuzu, Kohler, Manitou, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Vestas, Volvo, Yanmar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Begini Jurus Selamat Sempurna (SMSM) yang Kerja Kinerja Naik 15% di Tahun Ini

Guna mempertahankan bisnisnya di pasar ekspor, Manajemen Selamat Sempurna berfokus pada aspek manajemen risiko, mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memperkuat kondisi keuangan dan optimalisasi aset, disiplin dalam pengelolaan biaya, serta peningkatan efisiensi dan efektivitas sehingga dapat mengurangi berbagai biaya yang ada.

Selamat Sempurna juga tetap gencar melakukan penetrasi pada pasar existing di negara-negara yang menjadi tujuan ekspor perusahaan tersebut.

“Apabila dilihat dari kontribusinya, potensi ekspor kami tetap lebih besar dibandingkan domestik,” imbuh dia.

Baca Juga: Selamat Sempurna (SMSM) Alokasikan Belanja Modal Rp 100 Miliar Tahun 2022

Meski belum menentukan target kinerja di tahun 2023, Andri memandang bahwa potensi bisnis Selamat Sempurna di tahun depan bakal tetap positif terlepas dari faktor makroekonomi dan geopolitik global yang masih belum bisa diprediksi.

Penjualan produk-produk filter dan radiator ke segmen pasar aftermarket atau sekunder disebut-sebut masih menjadi fokus utama bagi Selamat Sempurna. Sebab, pasar ini dinilai lebih stabil bahkan di saat kondisi krisis.

Dalam hal ini, Andri menjelaskan bahwa ketika krisis para konsumen akan cenderung lebih berhemat dan kemungkinan tidak membeli mesin ataupun kendaraan baru. Di sisi lain, konsumen yang sudah memiliki kendaraan lama diharuskan tetap melakukan perawatan atau pemeliharaan, mengingat mobilitas dan kegiatan ekonomi tetap berlangsung. Oleh karena itulah, permintaan produk-produk yang dijual oleh Selamat Sempurna akan tetap tumbuh dalam kondisi apapun.

Sebagai informasi, Selamat Sempurna memproduksi filter di pabriknya yang berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 96 juta pieces per tahun. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas produksi radiator di Kapuk yang berkapasitas 1,95 juta pieces per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×