Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Pertumbuhan ekonomi nasional ternyata tak hanya dinikmati merek motor asing saja. Produsen sepeda motor lokal juga bisa ambil bagian.
Seperti yang dialami oleh PT Triangle Motorindo, selaku prinsipal merek motor Viar Motor Indonesia yang menargetkan pertumbuhan penjualan tertinggi tahun ini.
Akhmad Zafitra Dalie, General Manager Marketing Triangle Motorindo menuturkan, target penjualan sepeda motor Viar mencapai 130.000 unit tahun ini. Jika terealisasi, maka penjualan Viar tahun ini bisa tumbuh 85% dari realisasi penjualan tahun 2011 sebesar 70.030 unit.
"Kami juga mematok target pangsa pasar regional Jawa 3%-5% dan 7%-10% untuk pangsa pasar di luar Jawa," ungkap Akhmad kepada KONTAN, Rabu (21/3).
Viar Motor Indonesia merupakan produsen sepeda motor yang eksis yang dimiliki pemodal lokal. Perusahaan ini sudah berdiri selama 12 tahun dengan produksi sepeda motor bebek, motor niaga, dan segmen motor sport.
Dari total penjualan tahun 2011 lalu, kontribusi penjualan terbesar dipegang oleh segmen motor bebek dengan porsi 46,1% atau setara volume penjualan 32.284 unit, disusul sepeda motor niaga dengan porsi 43,3% atau volume penjualan 30.323 unit.
Terkahir, penjualan Viar bertumpu pada segmen sepeda motor sport dengan porsi 4,9% setara volume penjualan 3.431 unit.
Akhmad menjelaskan, target penjualan tahun ini bisa tercapai karena adanya dukungan pabrik yang akan terus dibangun di areal 20 hektare(ha) di kawasan Industri Otomotif Modern, Semarang Jawa Tengah. Kapasitas produksi pabrik Viar saat ini bisa mencapai 76.000 unit per bulan atau 912.000 unit per tahun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News