kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Setelah 36 tahun, PT KAI reaktivitasi jalur Cibatu-Garut


Minggu, 26 Januari 2020 / 10:41 WIB
Setelah 36 tahun, PT KAI reaktivitasi jalur Cibatu-Garut
ILUSTRASI. Peresmian jalur Cibatu-Garut ini akan dilakukan pada akhir bulan Januari atau awal Februari 2020.

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mereaktivitasi jalur Cibatu-Garut yang sebelumnya telah nonaktif selama kurang lebih 36 tahun. Aktifnya jalur sepanjang 19,5 km ini, ditandai dengan datangnya sebuah lokomotif pertama di Stasiun Garut pada Kamis (23/1) lalu.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung Noxy Citrea Bridara mengatakan, kedatangan lokomotif tersebut merupakan bagian dari rangkaian uji teknis sebelum jalur Cibatu - Garut kembali dioperasikan untuk umum.

"Sebelumnya, kami juga telah melaksanakan uji coba menggunakan kereta kerja sebanyak dua kali, yaitu pada 19 Januari dan 21 Januari 2020," ujar Noxy pada keterangan tertulis yang diterima Kontan, Sabtu (25/1).

Baca Juga: Catat, hari ini KA Bandara kembali layani penumpang

Pada uji coba yang dilakukan Kamis (23/1) lalu, PT KAI menggunakan lokomotif dengan nomor CC 2017723. Lokomotif ini berangkat dari Stasiun Cibatu pada pukul 11.09 WIB dan tiba di Stasiun Garut pada pukul 12.17 WIB dengan kecepatan sekitar 20-25 km/jam.

Noxy memaparkan, uji coba ini dilakukan untuk mengecek jalur yang sudah tersambung dari Cibatu ke Garut. Selain pengecekan, uji coba ini juga berfungsi untuk menguji kekuatan rel dengan menggunakan sarana yang paling berat, yaitu lokomotif.

"Alhamdulillah, uji coba lokomotif berjalan lancar. (Rute yang ditempuh) Dimulai dari Stasiun Cibatu, Stasiun Pasir Jengkol, Stasiun Wanaraja, dan berakhir di Stasiun Garut," kata Noxy.

Baca Juga: Mewahnya kereta Bandara Adi Soemarmo Solo, toilet ramah lingkungan hingga TV

Kemudian, Noxy memperkirakan peresmian jalur Cibatu-Garut ini akan dilakukan pada akhir bulan Januari atau awal Februari 2020. Untuk informasi detail terkait dengan informasi kereta, jadwal, dan juga harga tiket, nantinya akan diumumkan lebih lanjut.

“Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, agar PT KAI dapat segera melayani masyarakat Garut dan sekitarnya untuk menikmati perjalanan menggunakan kereta api,” pungkasnya.




TERBARU

Close [X]
×