kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siam Cement Group (SCG) Sasar IKN untuk Proyek Energi Baru Terbarukan


Rabu, 11 Oktober 2023 / 17:51 WIB
Siam Cement Group (SCG) Sasar IKN untuk Proyek Energi Baru Terbarukan
ILUSTRASI. Fasilitas R&D dan produksi bahan bangunan SCG Indonesia.


Reporter: Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siam Cement Group (SCG), perusahaan terkemuka asal Thailand rencanakan akan membangun proyek energi baru terbarukan (EBT) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek yang akan dikembangkan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan model solar floating dan solar farm.

Country Director of SCG di Indonesia Warit Jintanawan mengungkapkan, pihaknya mencoba untuk berkolaborasi bersama pemerintah, seperti di Ibu Kota Nusantara, karena pemerintah akan membuat green city. Oleh karena itu, kita support pemerintah dalam bidang energi terbarukan, seperti solar energy.

“Kami akan melakukan (proyek) energi terbarukan seperti floating solar dan solar farm yang dapat menyediakan listrik ke kota. Kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah mengenai bagaimana kami dapat berkontribusi dalam Green IKN.” tutur Warit dalam Media Discussion, Rabu (11/10).

Progres mengenai proyek ini, SCG sudah bertemu dan berdiskusi dengan pihak berwenang. SCG juga menyatakan akan mendukung pemerintah dengan cara yang berkelanjutan mengenai Green City IKN.

Baca Juga: Industri Hilir dan Transisi Ekonomi Hijau Jadi Kunci Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

“Status progres mengenai proyek ini kami sudah bertemu dengan pihak berwenang.” ungkap Warit.

Proyek ini juga sejalan dengan pernyataan Jokowi sebelumnya yang menyatakan IKN Nusantara akan menjadi kota Net-Zero Carbon yang akan menggunakan energi baru terbarukan (EBT). Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyatakan, akan menerapkan energi hijau (green energy) di IKN.

Sebagai informasi, di Thailand sendiri, SCG telah mengembangkan Thailand’s first floating solar solution pada tahun 2018. Floating solar sendiri merupakan pemasangan plastik pontoons di permukaan air yang berfungsi sebagai dasar pemasangan panel surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×