kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapa Saja yang Dapat Diskon Tiket Kereta dari KAI? Ada 7 Kelompok


Sabtu, 01 Juni 2024 / 05:51 WIB
Siapa Saja yang Dapat Diskon Tiket Kereta dari KAI? Ada 7 Kelompok
ILUSTRASI. KAI memberikan diskon tiket kereta atau tarif reduksi untuk beberapa kalangan dan instansi tertentu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan diskon tiket kereta atau tarif reduksi untuk beberapa kalangan dan instansi tertentu. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program tersebut dihadirkan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta. 

KAI memberikan diskon tiket kereta ke beberapa kelompok penumpang untuk membuat perjalanan menggunakan KA menjadi lebih hemat hingga 50 persen. 

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” katanya kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024). 

Kelompok yang dapat diskon tiket kereta dari KAI 

Dalam keterangan resminya, Kamis (30/5/2024), Joni menjelaskan bahwa KAI memberikan diskon tiket kereta untuk enam kelompok masyarakat, yakni lansia, legiun veteran RI, TNI dan Polri, wartawan, sivitas akademika, dan disabilitas. 

Selain itu, KAI juga memberikan diskon tiket kereta untuk pegawai KAI yang berlaku seumur hidup. 

Baca Juga: Dipercepat, Dana Pembatalan Tiket KA Dikembalikan Maksimal 7 Hari Mulai 1 Juni 2024

Berikut ketentuan mendapatkan diskon tiket kereta dari KAI bagi lansia, legiun veteran RI, TNI dan Polri, wartawan, sivitas akademika, disabilitas, dan pegawai KAI. 

1. Lansia 

KAI memberikan diskon tiket kereta sebesar 20 persen untuk lansia yang menaiki KA kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. 

Syarat mendapatkan diskon tersebut adalah penumpang berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan. 

2. Legiun veteran RI 

KAI juga memberikan diskon tiket kereta untuk legiun veteran RI sebesar 50 persen jika menaiki KA kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku pada hari Selasa-Kamis, kecuali hari besar, hari libur nasional, dan hari lain yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Sementara itu, diskon sebesar 30 persen juga diberikan jika legiun veteran RI menaiki KA kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif pada Jumat-Senin dan hari besar, hari libur nasional lainnya, dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Baca Juga: KAI Sediakan Fasilitas Shower and Locker, Berapa Tarif Mandi & Titip Barang?

3. TNI dan Polri Prajurit 

TNI dan anggota Polri mendapat diskon tiket kereta dari KAI dengan ketentuan 25 persen untuk KA kelas eksekutif dan 50 persen untuk KA ekonomi dan bisnis. 

Diskon tersebut berlaku bagi prajurit TNI dan anggota Polri yang aktif, termasuk siswa pendidikan TNI/Polri. 

Namun, diskon tiket kereta tidak diberikan kepada anggota keluarga prajurit TNI dan anggota Polri dan PNS yang bekerja di lingkungan TNI dan Polri. 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×