kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Simak Strategi Bisnis Hankook Tire Indonesia di Tahun 2022


Jumat, 04 Februari 2022 / 08:00 WIB
Simak Strategi Bisnis Hankook Tire Indonesia di Tahun 2022


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri otomotif yang semakin pulih memberikan semangat baru bagi seluruh pelaku industri terkait dalam ekosistem ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan wholesales di 2021 mencapai 887.202 unit atau naik 66% dari tahun 2020 dan penjualan ritel mencapai 863.358 unit atau naik 49.3% dibandingkan tahun 2020.

Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire di bawah PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) telah membukukan penjualan tahun 2021 dengan positif.

Secara kualitatif, Hankook menorehkan peningkatan penjualan sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya untuk seluruh segmen produk, PCR (mobil penumpang), LT (truk ringan), dan TBR (truk dan bus atau kendaraan komersial).

Hankook mencatat peningkatan di hampir semua wilayah distribusi. Untuk itu, tahun 2022 perusahaan berkomitmen akan meningkatkan kualitas serta supply untuk PCR/LT dan TBR di wilayah sebarannya.

Baca Juga: Ini Fokus Bisnis Hankook Tire di Tahun 2022

Untuk model kendaraan penumpang, Hankook menawarkan produk-produk kompetitif untuk sedan premium dan SUV seperti Ventus S1 Evo3 K127, Dynapro AT2 RF11, Ventus RS4 Z232, dan Dynapro MT2 RT05, serta ban ramah lingkungan untuk mobil MPV dan LCGC.

Untuk model truk ringan, Hankook menawarkan SmartFlex AH35 dan Smart AM09, sementara untuk model truk dan bus berat Hankook punya produk andalan Smart AH31 dan AH30.

“Kami ingin menyambut 2022 dengan lebih optimis, namun tetap adaptif dengan pergerakan pasar. Fundamental eksistensi Hankook di Indonesia masih berfokus untuk pasar ekspor, namun sejak beberapa tahun terakhir kami terus menggenjot penjualan domestik. Salah satu strategi kami, Sell-in Shop Program cukup efektif mendorong penjualan domestik dengan partisipasi lebih dari 700 mitra distributor kami.” ujar Yoonsoo Shin, President Director Hankook Tire Sales Indonesia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (3/2).

Hankook Tire juga antusias dan siap berkomitmen dalam mendukung pasar kendaraan listrik di Indonesia. Hankook Tire percaya seluruh pihak perlu ambil bagian dalam mendukung percepatan era kendaraan listrik di Indonesia.

Tantangan terbesar saat ini adalah membuat kendaraan listrik lebih accessible, baik secara pemasaran maupun harga. "Untuk itu, kami sangat terbuka dengan dialog dan potensi kerja sama dengan para manufaktur kendaraan listrik di Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Yoonsoo.

Hankook Kinergy AS EH01 merupakan salah satu ban mobil listrik Hankook yang mendapatkan respons positif di pasar global, mengusung teknologi Hankook Electric Mobility (HEM). Ban ini memiliki kualitas durabilitas berkat sabuk aramid yang diperkuat yang mencegah torsi pada kontak di permukaan.

Ban ini juga memiliki kemampuan cengkraman jalanan basah yang baik berkat Aqua Pine Technology Natural, sebuah material komponen khusus dari ekstrak tumbuhan runjung yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik.

Hankook Tire telah menyiapkan sejumlah strategi bisnis tahun ini. Pertama, perusahaan berencana melakukan diversifikasi produk dan perluasan saluran penjualan. Hankook berencana untuk menambah jaringan distribusi melalui mitra distributor baru serta Hankook Master tahun ini. 

“Kami juga memperkuat hubungan dengan para stakeholders kami untuk mendorong penjualan dan meningkatkan customer experience bagi end-consumer,” imbuh Yoonsoo

Kedua, Hankook Tire akan menata pengelolaan rantai pasok (supply chain management atau SCM) menjadi lebih sistematis dan efisien. Kini, Hankook Tire menerapkan periode yang relatif lebih singkat dalam menjalankan pengecekan stok, perencanaan alokasi produk, dan distribusi ke toko.

Dengan acuan periode tersebut, Hankook ingin agar para mitra dan distributor dapat memenuhi permintaan pelanggan dalam kondisi apapun dan menjaga kualitas produk.

Baca Juga: Strategi Hankook Tire Dorong Peningkatan Penjualan Ban di Indonesia

Ketiga, Hankook Tire konsisten melanjutkan peluang pasar untuk ban Hi-Inch (ban ukuran 17” keatas) maupun ban untuk mobil balap di Indonesia masih belum terpenuhi. Hankook akan melengkapi lineup produk PCR-nya dengan ban berukuran 20”, 22”, dan 24” sehingga pelanggan tidak kesulitan jika ingin mengubah ukuran ban menjadi lebih besar.

Dalam dunia balap Internasional, Hankook telah bekerja sama dengan Lamborghini Huracan GT3 EVO di ADAC TOTAL 24H, Jerman tahun 2021. Selain itu, Hankook juga menjadi mitra resmi bagi Street Racing khusus mobil listrik pertama dan satu-satunya di Dunia pada Formula E 2020.

Tentunya pencapaian ini merupakan bukti keseriusan Hankook dalam mendukung industri otomotif dunia baik segmen Hi-inch, mobil balap dan mobil listrik.

Melihat kebutuhan pasar global dan domestik yang terus meningkat, rencana penambahan investasi pabrik di Indonesia dengan adopsi teknologi produksi yang lebih maju, ramah lingkungan, dan efisien masih menjadi prioritas perusahaan dalam jangka menengah. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen Hankook untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×