kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sirclo prediksi industri e-commerce di Indonesia akan terus tumbuh


Kamis, 14 November 2019 / 22:46 WIB
Sirclo prediksi industri e-commerce di Indonesia akan terus tumbuh
ILUSTRASI. Sirclo menilai masih banyak pemain e-commrece lokal memiliki potensi tumbuh pesat apabila terus didukung.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi e-commerce lokal Sirclo merilis riset terbaru bertajuk Navigating Market Opportunities in Indonesia’s E-commerce yang berisi informasi-informasi penting seputar tren pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia. Dalam laporan itu disebutkan industri e-commerce Indonesia tengah dalam kondisi pertumbuhan pesat.

Chief Executive Officer dan Founder Sirclo, Brian Marshal mengatakan, masih banyak pemain e-commrece lokal memiliki potensi tumbuh pesat apabila kita dukung dengan memaksimalkan potensi dan ekspansi bisnis mereka.

Baca Juga: Alibaba akan listing saham paperless pertama di Hong Kong senilai US$ 13,4 miliar

Hasil laporan menunjukkan investasi digital di Indonesia tumbuh 200% dari tahun ke tahun. “Kenaikan jumlah dan nilai investasi ini paling jelas terlihat pada sektor e-commerce, yang menyumbang 58% dari total nilai investasi keseluruhan di tahun 2018 atau sekitar US$3 miliar (Rp42 triliun), diikuti sektor transportasi sebesar 38%,” jelas Brian dalam keterangan resminya, Kamis (14/11).

Brian menjelaskan, pertumbuhan tersebut terjadi berkat unicorn e-commerce tanah air seperti Tokopedia dan Bukalapak yang berhasil menarik perhatian berbagai investor luar dan dalam negeri.

Misalnya, Tokopedia yang mengantongi investasi senilai US$1,1 miliar (Rp15,4 triliun) dari Alibaba di akhir tahun 2018 dan Bukalapak yang mendapat suntikan dana dari Mirae dan Naver Corp senilai US$50 juta (Rp700 miliar) di kuartal pertama tahun 2019.

Laporan tersebut memperkirakan penjualan ritel e-commerce Indonesia mencapai US$ 15 miliar atau sekitar Rp210,8 triliun pada 2018 dan akan meningkat lebih dari empat kali lipat pada tahun 2022 yakni menyentuh US$ 65 miliar atau Rp 913,6 triliun. Retail online yang hanya menyumbang 8% pada tahun 2018 diperkirakan akan menembus 24% tahun 2022.

Baca Juga: NextICorn 2019 kembali digelar, fintech masih menjadi primadona

Berdasarkan penemuan-penemuan tersebut, Sirclo optimis perkembangan industri e-commerce di tanah air masih memiliki potensi besar. “Melihat data-data internal maupun eksternal, pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada tahun 2019 masih sangat positif. Bahkan beberapa tahun mendatang, dapat berkembang menjadi 8 hingga 10 kali lipat,” tambah Brian.

Brian berharap, laporan e-commerce tersebut dapat memicu kerjasama yang lebih erat lagi antara penjual ritel, para pemain utama dalam ekosistem e-commerce, dan e-commerce enabler seperti Sirclo untuk mengakselerasikan pertumbuhan. Pasalnya, tidak mudah untuk mencapai angka proyeksi tersebut.

Target tidak mudah dicapai karena industri e-commerce masih menghadapi beberapa tantangan yang harus diperhatikan semua pihak. Brian bilang, solusi mendalam dari para pemain-pemain utama e-commerce diperlukan untuk menjawab beberapa tantangan utama, seperti kendala logistik di wilayah luar pulau Jawa, banyaknya penduduk yang belum memiliki rekening bank, dan variasi produk dalam pasar.

"Untungnya, sekarang sudah tersedia berbagai solusi e-wallet yang memfasilitasi pelanggan untuk dapat bertransaksi dengan mudah tanpa rekening bank. Namun dari segi logistik dan variasi produk, kami merasa perlu ada dukungan dari pemerintah dan pemain e-commerce untuk memberdayakan brand-brand lokal yang potensial." tambah Brian.

Baca Juga: Modalku telah salurkan pembiayaan Rp 10 triliun di tiga negara

Seperti diketahui, Sirclo sejak pertengahan 2019 telah memiliki gudang logistik bekerjasama dengan Kamadjaja Logistics. Gudang itu bertujuan untuk penyederhanaan pemenuhan pesanan yang diterima melalui marketplace sebagai upaya menghadapi percepatan pertumbuhan tren e-commerce.

Sirclo memiliki dua produk yakni sirclo store dan sirclo commerce untuk membantu brand dan pemilik usaha meningkatkan penjualan di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×