kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas: Proyek IDD Sudah Bisa Mulai Proses di 2023


Rabu, 16 November 2022 / 12:13 WIB
SKK Migas: Proyek IDD Sudah Bisa Mulai Proses di 2023
ILUSTRASI. SKK Migas mengharapkan Blok Indonesia Deepwater Development (IDD) sudah mulai berjalan di 2023.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Blok Indonesia Deepwater Development (IDD) diharapkan mulai berjalan di 2023 karena kepastian operator pengganti PT Chevron Pacific Indonesia akan rampung pada akhir tahun ini.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, proyek strategis nasional (PSN) mengenai IDD pemegang intinya adalah Chevron. Adapun proyek ini memiliki produksi gas yang mencapai 844 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD).

“Operator Chevron dan mereka sudah memutuskan untuk off dari proyek IDD. Sekarang sudah ada calon penggantinya,” jelasnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (16/11).

Baca Juga: SKK Migas Minta Inpex dan Shell Jangan Menyandera Proyek Abadi Masela

Dwi menyampaikan, saat ini proses pergantian sedang dalam proses. Dijanjikan akhir tahun ini akan ada perubahan operator shift. “Bisa saja IDD jalan tahun depan,” jelasnya.

Dari pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, pasca peralihan pengelolaan dilakukan, maka perubahan atau revisi rencana pengembangan alias Plan of Development (POD) serta perpanjangan kontrak diharapkan dapat dilakukan pada kuartal III 2023.

Selanjutnya, proses konstruksi atau engineering procurement construction (EPC) akan berlangsung dari 2024 hingga 2027 mendatang. Adapun proyek ini diproyeksikan akan on stream pada kuartal IV 2027.

Adapun ENI perusahaan migas asal Italia dikabarkan sudah resmi mencaplok 62% hak partisipasi Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Proyek Gas Indonesia Deepwater Development (IDD).

Baca Juga: SKK Migas Dorong KKKS Patungan Garap Cekungan Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×