kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Soal PHK di Hero Supermarket, KSPI minta pengusaha jalankan isi PKB


Senin, 14 Januari 2019 / 14:25 WIB
Soal PHK di Hero Supermarket, KSPI minta pengusaha jalankan isi PKB

Reporter: Umi Kulsum | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta kepada pihak pengusaha PT Hero Supermarket Tbk untuk menjalankan isi perjanjian kerja bersama (PKB).

Hal ini menyusul setelah KSPI mendapat laporan dari serikat pekerja PT Hero Supermarket Tbk (SPHS) bahwa sepanjang tahun 2018, perusahaan ini melakukan penutupan 19 toko atau gerai yang terletak di berbagai daerah. Akibat adanya penutupan perusahaan, ratusan orang kehilangan pekerjaan.


Presiden KSPI Said Iqbal menjelaskan, berdasarkan aturan yang tertuang dalam PKB ada dua hal yang perlu diperhatikan yakni pasal 22 ayat empat yang menyebutkan dalam hal terjadi penutupan toko, maka perusahaan akan berupaya menempatkan pekerja pada toko lainnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. 

Selain itu juga pada pasal 93 ayat dua disebutkan perusahaan dan serikat pekerja dengan segala daya upaya mengusahakan agar jangan terjadi PHK.

Menurut dia, serikat pekerja telah mengajukan berbagai solusi dan proses yang sama pernah dilakukan dalam penangan proses closing store. Namun Said menyebut pihak manajemen tetap melakukan PHK.

"Kondisi saat ini terjadi penutupan toko dan pekerja di PHK dengan alasan perusahaan sudah kelebihan manpower. Padahal faktanya beberapa toko ada yang kekurangan manpower, bahkan saat ini membuka toko baru dan perusahaan melakukan perekrutan Pekerja," tegas Said dalam keterangan pers kepada Kontan.co.id, Senin (14/1).

Oleh karena itu, alih-alih melakukan PHK, sangat mungkin para pekerja disalurkan ke toko-toko yang masih membutuhkan pekerja. 




TERBARU

Close [X]
×