kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Sri Mulyani: Pertamina punya peranan penting dalam kurangi emisi gas rumah kaca


Selasa, 07 Desember 2021 / 16:26 WIB
Sri Mulyani: Pertamina punya peranan penting dalam kurangi emisi gas rumah kaca
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Pertamina di Jakarta Pusat. Sri Mulyani: Pertamina punya peranan penting dalam kurangi emisi gas rumah kaca.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, PT Pertamina memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengejar target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang ditetapkan pemerintah dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Sri Mulyani menjelaskan, seperti sudah diketahui pemerintah memiliki target pengurangan emisi GRK sebesar 29% dengan usaha sendiri dan 41% dengan bantuan internasional pada 2030 mendatang.

Menurutnya, sektor energi memegang peranan penting untuk mencapai target dalam komitmen NDC pemerintah.

Sri Mulyani menjelaskan, sejatinya sektor forestry & land use (FOLU) memiliki jumlah penurunan emisi karbon yang lebih besar yakni mencapai 700 juta ton ekuivalen CO2 atau sekitar 41% dari total target penurunan emisi.

Baca Juga: Kilang Pertamina Internasional mulai produksi Pertamina Dex 10ppm

Akan tetapi, biaya yang dibutuhkan dinilai relatif lebih murah ketimbang sektor energi sebab hanya sebesar Rp 90 triliun.

"Namun, kalau sektor energi, itu kontribusinya bisa menurunkan 450 juta ton ekuivalen CO2, biaya untuk menurunkan itu Rp 3.500 triliun. Energi adalah sektor yang sangat mahal tapi dia sangat penting bagi rakyat," jelas Sri Mulyani dalam Pertamina Energy Webinar 2021: Energizing Your Future, Selasa (7/12).

Sri Mulyani melanjutkan, dengan kondisi ini maka Pertamina dapat membayangkan adanya peran yang sangat penting dalam upaya mencapai target ini. Terlebih, Pertamina merupakan perusahaan milik negara yang terbesar di sektor energi.

"Saya berharap Pertamina di dalam webinar ini dan dalam melakukan selebrasi anda yang ke 64 tahun ini menjadi pemikiran dan komitmen seluruh jajaran pimpinan Pertamina," tegas Sri Mulyani.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga gali ceruk pasar internasional

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×