Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) menyatakan sampai dengan sembilan bulan pertama, same store sales growth (SSSG) gerai KFC terus tumbuh. Pertumbuhan yang didapatkan gerai ayam goreng secara nasional ini justru lebih tinggi.
Justinus Dalimin Juwono, Direktur FAST mengatakan bahwa pengembangan KFC Indonesia memang disesuaikan dengan segmentasi pasar. Saat ini, market terbesar KFC merupakan anak muda dengan persentase lebih dari 50% disusul oleh keluarga dan anak-anak.
"Memang banyak yang bilang ada penurunan bisnis resto dan ritel, tetapi SSSG kami masih tumbuh 4% bahkan secara nasional itu tumbuh 9%," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/11).
Untuk memacu penjualan di gerainya, Fast Food menerapkan strategi menyesuaikan permintaan. Sebagai contoh, untuk gerai-gerai stand alone di kota besar, manajemen menerapkan jam operasi 24 jam. Sehingga dengan jam operasi yang lebih lama penjualan juga meningkat.
Selain itu, untuk pasar-pasar yang memiliki space sempit seperti rumahsakit, stasiun dan pemukiman padat, FAST mulai melakukan penetrasi melalui KFC Box sejak 2014 dan kini sudah mencapai 40 gerai secara nasional. "KFC Box dengan format kecil gerai 100 meter peersegi dengan investasi Rp 1,5 miliar itu untuk penetrasi daerah sempit," lanjutnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News