kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Stok cukup, Kemdag klaim harga pangan jelang Lebaran masih stabil


Rabu, 29 Mei 2019 / 16:37 WIB

Stok cukup, Kemdag klaim harga pangan jelang Lebaran masih stabil


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) membantah bila harga-harga pangan sepekanjelang Lebaran mulai melonjak. Menurut penelusuran Kemdag, harga pangan masih normal atau sesuai dengan batas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kemdag.

Inspektur Jenderal Kemdag Srie Agustina mengatakan, harga pangan masih normal karena saat ini stok bahan pangan untuk menghadapi lebaran terbilang cukup. "Stok untuk bahan kebutuhan pokok dalam rangka menyambut lebaran itu tersedia dengan cukup," ujar Srie saat melakukan pemantauan harga di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (29/5).


Sri Agustina mengambil contoh, saat melakukan pemantauan di Pasar Minggu. Ia bilang, rata-rata pedagang memiliki stok mencapai 3 sampai 4 ton bahan pangan untuk seminggu kedepan. Dari jumlah itu, 60% diantaranya merupakan beras medium yang biasa dikonsumsi sebagian besar masyarakat.

Selain pasokan bahan pangan yang mencukupi, Kemdag juga menilai harga bahan pangan masih stabil. Meski begitu, dalam pantauannya ke beberapa pasar tradisional di Jakarta, Kemdag mengakui masih terdapat beberapa komoditas pangan yang harganya melebihi harga eceran tertinggi dari pemerintah.

Seperti harga Bawang Putih di Pasar Minggu yang harganya Rp 40.000 per kilogram (kg). Padahal, beberapa waktu lalu pasca operasi pasar, Kemdag menyebutkan harga eceran tertinggi bawang putih untuk pasar tradisional maksimal Rp 32.000 per kg.

Selain itu, harga gula putih Rp 13.000 per kg, padahal harga eceran tertinggi gula putih Rp 12.500 per kg.


Reporter: Vendi Yhulia Susanto
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×