Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha
KONTAN.CO.ID - JAKARTA - PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia memperkuat langkah bisnisnya di segmen kulkas premium di tengah persaingan industri elektronik rumah tangga yang semakin ketat. Perusahaan melihat peluang di pasar kelas atas yang dinilai stabil meski pertumbuhan ekonomi sedang menghadapi tekanan.
Sales Director PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia, Pieter Cahyono, menyebutkan bahwa porsi pasar elektronik premium saat ini berkisar antara 20%–30%. “Meskipun ekonomi cukup menantang, kami tetap optimistis menggarap pasar itu dan pasar lain lewat lini produk kami,” ujarnya pada Kontan, di Pekan Raya Jakarta, Senin (23/6).
Untuk mendukung ekspansi bisnis,Hitachi juga memperluas jaringan layanan purna jual. Director Customer Care PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia, Dekki Susyarman, mengatakan saat ini perusahaan memiliki sekitar 80 service center yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah timur seperti Jayapura, Nabire, dan Merauke.
Menurut Dekki, distribusi produk melalui e-commerce mendorong perluasan jangkauan hingga ke wilayah kabupaten, sehingga kebutuhan akan layanan servis menjadi lebih mendesak.
“Kami juga bekerja sama dengan authorized service center multibrand untuk menjangkau area yang belum memungkinkan dibukanya pusat layanan khusus,” katanya.
Baca Juga: Belajar dari Negara Tetangga, Strategi Indonesia Tingkatkan Daya Saing Ekonomi
Ia menjelaskan bahwa biaya servis dijaga agar tetap di bawah 30% dari harga produk agar konsumen tetap merasa layak melakukan perbaikan. Untuk wilayah di luar Jawa, perusahaan menerapkan pendekatan fleksibel mengingat perbedaan struktur biaya yang cukup signifikan.
“Kami upayakan penyelesaian klaim dalam waktu tiga hari dengan harga yang disesuaikan agar konsumen tetap merasa dilayani,” jelasnya pada Kontan, pada kesempatan yang sama.
Arcelik Hitachi menilai bahwa kekuatan jaringan layanan menjadi salah satu penentu daya saing di segmen kulkas premium.
Dengan permintaan yang lebih selektif di pasar kelas atas, perusahaan menekankan pentingnya konsistensi dalam kualitas produk dan pengalaman purna jual guna menjaga loyalitas konsumen jangka panjang.
Selanjutnya: Invasi ke Ukraina Belum Selesai, Rusia Gempur Situs Militer di Kiev Semalaman
Menarik Dibaca: Resep Roti Goreng Isi Ayam yang Empuk dan Manis-Gurih, Cocok buat Camilan Favorit
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News