kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45797,85   3,90   0.49%
  • EMAS949.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.00%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Super Energy (SURE) siapkan dana Rp 100 miliar untuk cari sumber pasokan gas di 2020


Minggu, 29 Desember 2019 / 16:45 WIB
Super Energy (SURE) siapkan dana Rp 100 miliar untuk cari sumber pasokan gas di 2020
ILUSTRASI. PT Super Energy Tbk SURE

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan dan distribusi gas, PT Super Energy Tbk (SURE) terus mencari peluang pengembangan bisnisnya di tahun depan.

Direktur Utama SURE Agustus Sani Nugroho menyampaikan, pihaknya menyiapkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 100 miliar di tahun 2020 nanti. Capex ini digelontorkan untuk menyelesaikan proses pencarian sumber gas baru bagi perusahaan.

Baca Juga: Musim kemarau panjang, PowerWall bisa jadi solusi penyimpan daya listrik

“Capex sekitar Rp 100 miliar berasal dari arus kas internal perusahaan dan pinjaman bank atau lembaga keuangan non-bank,” ungkap dia, akhir pekan lalu.

Agus belum bisa membeberkan rincian perkembangan pencarian sumber gas oleh SURE. Pastinya, SURE masih berupaya mencari sumber gas baru dari pihak-pihak yang dapat memberikan tambahan atau memperbesar suplai gas kepada perusahaan.

Adapun wilayah sumber gas yang menjadi incaran emiten ini antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ketiga provinsi tersebut dipandang padat kawasan industri yang membutuhkan pasokan gas.

Baca Juga: Hingga saat ini, pembangunan PLTU Cirebon II capai 61%

Agus juga menyebut, pencarian sumber gas tersebut cukup penting bagi SURE dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi feed gas atau gas umpan di masa mendatang.

Pihak SURE belum menyampaikan target produksi feed gas di tahun depan. Sedangkan di tahun ini SURE menargetkan produksi feed gas sebanyak 10 mmscfd. Hingga kuartal tiga kemarin, perusahaan sudah merealisasikan produksinya sebanyak 9 mmscfd.

Saat ini, SURE memiliki fasilitas pengolahan gas yang dikelola anak usahanya PT Gasuma Federal Indonesia. Di sana terdapat 3 unit gas compressor dengan kapasitas sebesar 20 mmscfd yang mana pasokannya berasal dari lapangan Mudi dan Sukowati.

Baca Juga: Masuk program 35.000 MW, pembangunan PLTU Cirebon II sudah capai 61%

Fasilitas tersebut memungkinkan SURE untuk mengolah gas suar menjadi kondensat, liquid petroleum gas (LPG), dan lean gas.

Melalui anak usaha lainnya yaitu PT Bahtera Abadi Gas, SURE juga memiliki fasilitas distribusi gas terkompresi atau compressed natural gas (CNG) yang berada di Tuban, Jawa Timur dengan kapasitas 5 mmscfd.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×