kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei: Orang Indonesia paling puas belanja online


Jumat, 21 Maret 2014 / 14:16 WIB
Survei: Orang Indonesia paling puas belanja online
ILUSTRASI. Pasukan pro-Rusia berjalan di sepanjang jalan di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Selasa (17/5/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Berdasarkan MasterCard Online Shopping Behavior Study, diantara 14 negara kawasan Asia Pasifik, pengguna internet Indonesia mempunyai tingkat kepuasan paling tinggi (96%) terhadap online shopping.

Dalam riset tersebut juga menunjukkan bahwa tahun ini ada kemungkinan peningkatan melakukan transaksi online sebesar 7,3% dibanding tahun lalu. Ini menandakan tren online shopping di Indonesia terus meningkat.

Riset yang dilaksanakan setiap tahun oleh MasterCard di total 25 negara ini sedikitnya diikuti oleh 500 orang di setiap negara. Tingkat kepuasan yang cukup tinggi ini juga memperlihatkan tumbuhnya berbagai faktor pendukung transaksi online shopping termasuk penetrasi akses internet di Indonesia yang terus berkembang.

Hal tersebut digambarkan dengan peningkatan sebesar 2.5% terhadap jumlah orang Indonesia yang mengakses internet untuk berbelanja online di saat beberapa negara berkembang lainnya justru mengalami penurunan.

“Peningkatan akses terhadap online shop yang diikuti dengan tingginya tingkat kepuasan tentu membuat Indonesia menjadi salah satu pasar transaksi online terbesar diantara negara asia lainnya,” ujar Irni Palar, Country Manager, MasterCard Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/3).

Walaupun masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan yang positif terhadap online shopping, keunggulan produk harus tetap dirasakan oleh para konsumen, karena menurut MasterCard Online Shopping Behavior Study masyarakat Indonesia terbiasa untuk membaca review produk dari pengguna lain sebelum membeli barang.

Selain itu, saat mereka puas dengan layanan atau produk yang ditawarkan, mereka cenderung mengunjungi website yang sama dengan alasan kemudahan transaksi.

“Menariknya lagi, 94% responden mengakses online shopping dari gadget mereka, sebanyak 46,7% responden menggunakan handphone untuk melakukan transaksi online, diikuti pertumbuhan akses online shopping melalui perangkat tablet sebesar 20% secara otomatis makin memperbesar potensi bisnis digital ini,” kata Irni.

Untuk mendukung industri online shopping, MasterCard  berupaya untuk terus meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi dari berbagai perangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×