kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suzuki India recall mobil Baleno dan Wagon R, bagaimana dengan Indonesia?


Rabu, 22 Juli 2020 / 07:20 WIB
Suzuki India recall mobil Baleno dan Wagon R, bagaimana dengan Indonesia?
ILUSTRASI. Suzuki India recal mobil Baleno dan Wagong R sebanyak 134.885 unit. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Suzuki India melakukan penarikan kembali atau recall mobil Baleno dan Wagon R. Recall mobil tersebut karena ada masalah terkait fuel pump atau pompa bahan bakar.

Masalah fuel pump belakangan ini banyak dialami sejumlah mobil. Sejumlah tipe mobil Honda dan Mitsubishi Xpander di Indonesia sudah lebih dahulu melakukan recall karena faktor fuel pump.

Baca juga: Harga Terios bekas generasi pertama per Juli 2020 sudah murah, mulai Rp 75 juta

Dilansir dari Indiatoday, sebanyak 134.885 unit produk Baleno dan Wagon R yang dipasarkan di India terdampak recall fuel pump. Dari jumlah tersebut, 78.222 unit di antaranya adalah Baleno.

Lebih detail lagi, untuk unit yang terpapar masalah recall fuel pump merupakan Wagon R lansiran 15 November 2018 hingga 15 Oktober 2019. Sementara pada Baleno, untuk keluaran 8 Januari 2019 sampai 4 November 2019.

"Perusahaan akan melakukan 56.663 unit Wagon R dan 78.222 unit Baleno untuk mengetahui adanya kemungkinan masalah pada pompa bahan bakar. Bagian yang rusak akan diganti gratis," tulis pernyataan resmi Maruti Suzuki.

Meski tak menjelaskan secara spesifik mengenai apa penyebab dan masalah yang dialami pada fuel pump, Maruti mengklaim bahwa jaringan dilernya akan segera menghubungi konsumen untuk memberikan informasi serta menyarankan untuk melakukan perbaikan.

Lalu, bagaimana dengan nasib Baleno Hatchback yang baru saja bersolek akhir tahun lalu di Indonesia, karena diketahui unitnya pun didatangkan dari India. Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra hanya mengatakan bahwa belum ada informasi terkait soal itu.

"Sampai sekarang tidak ada untuk yang dipasarkan di Indonesia," tulis Donny dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Sigra mobil LCGC paling laris semester I 2020, ini harga mobil bekasnya

Seperti diketahui, recall fuel pump di Indonesai mulai marak setelah Mitsubishi dan Nissan mengumumkan dua produk kembarannya mengalami masalah tersebut. Beberapa waktu kemudian, giliran PT Honda Prospect Motor (HPM) yang juga menggelar kampanye perbaikan untuk 85.025 produknya yang lagi-lagi terjangkit masalah fuel pump.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Recall Baleno akibat Fuel Pump, Bagaimana di Indonesia?", 

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×