Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apotek Alpro Indonesia menargetkan melayani 50.000 pelanggan setiap hari pada tahun 2025. Sebagai bagian dari ekspansi ambisiusnya, Apotek Alpro berkomitmen untuk memberikan layanan farmasi profesional yang tidak hanya berfokus pada penjualan obat, tetapi juga pada pencegahan penyakit dan kesehatan masyarakat.
Dengan lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Pekanbaru, Apotek Alpro berfokus pada empat pilar utama yang membedakan mereka dari apotek lain.
Pertama, pelayanan apoteker profesional. Setiap apotek di jaringan ini dilengkapi dengan apoteker berlisensi yang dilatih untuk memberikan konsultasi yang mendalam dan komunikasi yang jelas kepada pelanggan.
"Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak hanya membeli obat, tetapi juga mendapat informasi yang relevan mengenai kesehatan mereka," kata Chief Executive Officer Apotek Alpro Indonesia, Apoteker Lee Yin Chen saat ditemui di salah satu cabang apotek alpro di Jakarta Selatan, Jumat (6/12).
Baca Juga: Dorong Bisnis Alat Kesehatan, Astra Otoparts Gandeng K-24
Kedua, Apotek Alpro menekankan pentingnya pencegahan penyakit melalui program preventive healthcare. Ini termasuk pemberian informasi tentang suplemen kesehatan dan cara yang tepat untuk mengonsumsi obat, sehingga masyarakat dapat mencegah penyakit sebelum gejala muncul.
Ketiga, perusahaan ini juga memiliki fokus pada silver care atau penjagaan lansia, di mana apoteker dilatih untuk membantu memilih produk kesehatan yang sesuai bagi orang tua, seperti suplemen atau alat bantu medis seperti kursi roda.
"Keempat, Alpro menyediakan layanan khusus untuk ibu dan anak, memberikan edukasi mengenai penggunaan obat yang aman bagi ibu hamil, serta produk yang mendukung tumbuh kembang anak," imbuhnya.
Selain itu, teknologi juga menjadi bagian penting dalam strategi Apotek Alpro. Salah satunya adalah pengenalan sistem pengemasan obat harian atau unit dose yang memudahkan pasien dalam mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang tepat setiap harinya.
Dalam menghadapi persaingan, Apotek Alpro tidak hanya mengandalkan produk dan layanan berkualitas, tetapi juga fokus pada bagaimana mengedukasi masyarakat tentang peran apoteker dalam menjaga kesehatan mereka.
Lebih lanjut, ia menekankan bahwa pasar apotek di Indonesia sangat besar, sehingga kolaborasi dengan apotek lainnya akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran apoteker.
Dengan pengalaman lebih dari dua dekade di industri farmasi internasional, Alpro juga membawa komitmen terhadap keamanan pelanggan dengan menjamin 100% keaslian obat yang dijual, serta menawarkan jaminan hingga Rp3 miliar.
Apotek Alpro juga berkolaborasi dengan sejumlah universitas di Indonesia untuk menyediakan pelatihan praktis bagi mahasiswa farmasi, memperkuat kesiapan tenaga apoteker lokal, dan memastikan kualitas layanan yang terus berkembang.
"Dengan langkah strategis ini, Apotek Alpro siap memberikan kontribusi besar terhadap industri farmasi Indonesia, sekaligus mendekatkan akses kesehatan berkualitas kepada masyarakat," pungkasnya.
Baca Juga: Good Doctor Menggaet Pendanaan Terbaru dari WhiteCoat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News