kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif Ruas Tol Pondok Aren-Serpong Tak Naik, Ini Alasannya


Rabu, 29 Juni 2022 / 12:42 WIB
Tarif Ruas Tol Pondok Aren-Serpong Tak Naik, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Suasana jalan tol ruas Pondok Aren - Serpong, Tangerang Selatan. KONTAN/Baihaki


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menatapkan tarif tol berdasarkan rekomendasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Namun demikian, PT Bintaro Serpong Damai (BSD) memastikan untuk ruas tol Pondok Aren-Serpong tidak mengalami perubahan tarif. 

Sebagai informasi, penyesuaian terhadap tarif tol diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4444) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 12, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6760). 

Penyesuaian tarif ini juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 27, Tambahan Lembaran negara Republik Indonesia Nomor 6629). 

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Bakal Menangguk Cuan dari Keramaian Jalan Tol

Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto mengatakan, dalam waktu dekat penyesuaian tarif untuk Ruas Tol Pondok Aren-Serpong akan diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022. 

“Penyesuaian ini dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan regulasi yang berlaku dengan skema perhitungan tarif lama yang disesuaikan dengan inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (29/6). 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka inflasi Kota Tangerang Selatan selama 2 tahun terakhir cukup rendah sebesar 2,46%, sehingga ditetapkan bahwa tidak ada perubahan tarif untuk Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong. 

Dia mengetakan, kebijakan penyesuaian tarif jalan tol tidak selalu dikaitkan dengan kenaikan tarif, tetapi bisa juga penurunan tarif bahkan tidak adanya perubahan terhadap tarif (tetap), seperti yang akan diterapkan pada Ruas Tol Pondok Aren-Serpong. 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022 tentang penyesuaian tarif tol Ruas Pondok Aren- Serpong, PT Bintaro Serpong Damai (BSD) anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) yang juga merupakan pengelola dan operator Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong telah menjalani evaluasi penyesuaian tarif yang dilakukan setiap dua (2) tahun sekali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berdasarkan rekomendasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Seperti yang diketahui tarif tol di tiap gerbang dibagi menjadi lima 5 Golongan kendaraan sesuai dengan penggolongan kendaraan di jalan tol yang ditetapkan Pemerintah yang berlaku di Indonesia. 

Adapun ruas Jalan Tol Pondok Aren – Serpong yang dikelola PT Bintaro Serpong Damai (BSD) saat ini mempunyai 2 gerbang tol yakni Gerbang Tol Pondok Aren 1 dan Gerbang Tol Pondok Aren 2 yang terdiri dari 7 Gardu tol yang beroperasi (5 gardu GTO dan 2 gardu hybrid).

Berikut tarif yang berlaku untuk Jalan Tol Pondok Aren–Serpong saat ini:

Tol pondok Aren-Serpong Golongan I Rp 7.000 

Tol pondok Aren-Serpong Golongan II Rp 13.500 

Tol pondok Aren-Serpong Golongan IIII Rp 13.500 

Tol pondok Aren-Serpong Golongan IV Rp 16.000

Tol pondok Aren-Serpong Golongan V Rp 16.000 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×