Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui Telkomsel memastikan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana banjir dan longsor di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.
Hingga saat ini, 76,5% layanan seluler Telkomsel telah kembali normal dengan rincian 5.851 site dari total 7.640 site dan 79,7% layanan IndiHome Telkomsel telah kembali normal dengan rincian 422.551 line dari total 530.502 line. Pemulihan ini didukung langkah proaktif menjaga konektivitas masyarakat di pengungsian, area tanggap darurat, dan wilayah terdampak, termasuk dengan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya di UMB *888*20#.
Pemulihan dilakukan Telkomsel melalui berbagai skema. Di antaranya adalah mobilisasi 346 personel teknis, penempatan genset tambahan, pengalihan rute backbone dan jalur transmisi, penggunaan perangkat alternatif, dan penggelaran BTS mobile di lokasi prioritas.
Baca Juga: PGN dan Garuda Indonesia Salurkan 3 Ton Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Sumatra
Selain itu, Telkomsel juga aktif berkoordinasi erat dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, serta pemangku kepentingan setempat untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia.
Pemulihan jaringan Telkomsel difokuskan mulai dari area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas. Hingga kini, tercatat sejumlah capaian pemulihan per provinsi per 1 Desember 2025. Di wilayah Aceh, 36% site Telkomsel telah pulih (708 site dari 1.964 site) dan 41,2% line IndiHome pulih (59.836 line dari 145.384 line). Di Sumatera Utara sebanyak 90% site Telkomsel telah pulih (4.136 site dari 4.610 site) dan 93,3% line IndiHome pulih (293.911 line dari 314.957 line). Adapun di Sumatera Barat sebanyak 94% site Telkomsel pulih (1.007 site dari 1.066 site) dan 93,3% line IndiHome pulih (68.804 line dari 70.161 line).
Lebih lanjut, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian, Telkomsel menghadirkan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya melalui UMB *888*20#. Paket ini dapat diaktifkan satu kali dan berlaku untuk pengguna SIMPATI, by.U (prabayar), maupun Halo (pascabayar) di wilayah terdampak.
Terdapat beberapa pilihan Paket Siaga Sumatera yang diberikan Telkomsel. Di antaranya adalah opsi 3 GB paket data untuk 7 hari dan opsi 300 menit telepon + 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.
Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Permintaan, Cititrans Perkuat Armada Jelang Libur Nataru
Selain itu, Telkomsel juga membuka Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana, termasuk di sekitar 100 titik di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Di sana, Telkomsel menyediakan layanan Telepon dan SMS gratis di daerah bencana sampai proses pemulihan selesai, penggantian kartu gratis dan perpanjangan masa aktif untuk pelanggan terdampak, penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar/IndiHome, penggantian modem ONT dan STB pelanggan Indihome terdampak, dan penyediaan layanan Indihome 3P dan Telkomsel Orbit di kantor Basarnas.
Menteri Komunikasi dan Digital RI Meutya Hafid, menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dan seluruh pihak dalam memastikan layanan komunikasi tetap tersedia di tengah kondisi darurat.
"Kolaborasi ini penting agar masyarakat terdampak tetap terhubung dan mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (2/12/2025).
Direktur Utama Telkomsel Nugroho menjelaskan, Telkomsel menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara kita di Sumatera. Perusahaan ini berkomitmen hadir di setiap situasi, memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak.
"Bersama Kemkomdigi, pemerintah daerah, serta berbagai instansi, kami terus berupaya mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit," imbuh dia.
Telkomsel bersama Telkom Group terus memantau dan berupaya memastikan layanan komunikasi tetap tersedia, serta mengajak pelanggan di wilayah terdampak untuk memanfaatkan Paket Siaga Peduli Sumatera melalui UMB *888*20#. Hotline Pusat Layanan Tanggap Bencana Sumatra juga dapat diakses melalui Call Center 24/7 Bebas Pulsa di 0800-111-9000.
Tak hanya itu, Telkomsel turut berkoordinasi dengan Telkom Group dalam upaya pemulihan layanan telekomunikasi, dukungan tanggap darurat, konektivitas, hingga bantuan kemanusiaan. Di antaranya melalui pendirian sejumlah Posko Tanggap Darurat (Medan, Binjai, Padang Sidempuan, Aceh, Bukittinggi, Padang), penyediaan 8 titik WiFi gratis, bantuan dapur umum, mobilisasi logistik sembako dan material perbaikan via kapal (Idi dan Langsa) dan pesawat (Sibolga dan Takengon), penambahan kapasitas jaringan, serta instalasi 120 unit satelit segmen komersial dan CSR dari Telkomsat (Starlink Business Service, VSAT Star, MangoStar, dan Internet Merah Putih).
Selanjutnya: Pertamina Drilling Catat Temuan Minyak dan Gas di Sumur Eksplorasi SAC-001
Menarik Dibaca: 4 Penyebab Aplikasi Kencan Mulai Sepi Peminat, Masalah Biaya Termasuk
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













