kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbitkan Regulasi Baru, Pemerintah Kembali Revisi Formula Harga Batubara Acuan (HBA)


Senin, 21 Agustus 2023 / 16:52 WIB
Terbitkan Regulasi Baru, Pemerintah Kembali Revisi Formula Harga Batubara Acuan (HBA)
ILUSTRASI. Kementerian ESDM kembali merevisi formula Harga Batubara Acuan (HBA).


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali merevisi formula Harga Batubara Acuan (HBA).

Perubahan ini tercantum dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 227.K/MB.01/MEM.B/2023 tentang Pedoman Penetapan Harga Patokan Untuk Penjualan Komoditas Batubara.

Merujuk pada beleid terbaru ini, formula HBA ditetapkan sebagai berikut;

1. HBA untuk nilai kalori 6.322 kcal/kg GAR

Perhitungan HBA didasarkan pada 70% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 6.100-6.500 kcal/kg GAR pada minggu kedua sampai dengan minggu ketiga bulan sebelumnya.

Lalu ditambah 30% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 6.100-6.500 kcal/kg GAR pada minggu keempat dua bulan sebelumnya sampai dengan minggu pertama bulan sebelumnya.

Baca Juga: Kementerian ESDM Ubah Formula Perhitungan Tarif Listrik, DMO Tetap Berlaku

2. HBA I untuk nilai kalori 5.300 kcal/kg GAR

Perhitungan HBA didasarkan pada 70% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 5.100-5.500 kcal/kg GAR pada minggu kedua sampai dengan minggu ketiga bulan sebelumnya.

Lalu ditambah 30%  rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 5.100-5.500 kcal/kg GAR pada minggu keempat dua bulan sebelumnya sampai dengan minggu pertama bulan sebelumnya.

3. HBA Acuan II untuk nilai kalori 4.100 kcal/kg GAR

Perhitungan HBA didasarkan pada 70% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 3.900-4.300 kcal/kg GAR pada minggu kedua sampai dengan minggu ketiga bulan sebelumnya.

Lalu ditambah 30% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 3.900-4.300 kcal/kg GAR pada minggu keempat dua bulan sebelumnya sampai dengan minggu pertama bulan sebelumnya.

Baca Juga: Harga Batubara Naik 15,10% dalam Sebulan, Intip Rekomendasi Saham Emitennya

4. HBA III untuk nilai kalori 3.400 kcal/kg GAR

Perhitungan HBA didasarkan pada 70% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 3.200-3.600 kcal/kg GAR pada minggu kedua sampai dengan minggu ketiga bulan sebelumnya.

Lalu ditambah 30% rata-rata tertimbang volume harga jual batubara pada titik serah secara Free on Board Vessel (FOB Vessel) dalam kesetaraan spesifikasi HBA dengan rentang sampel kalori 3.200-3.600 kcal/kg GAR pada  minggu keempat dua bulan sebelumnya sampai dengan minggu pertama bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×