kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terminal baru Bandara Bandung segera beroperasi


Selasa, 05 April 2016 / 08:41 WIB
Terminal baru Bandara Bandung segera beroperasi


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Angkasa Pura II telah menyelesaikan pengembangan bandara internasional Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat. Rencananya pengoperasiannya akan dilakukan pada 6 April nanti. Pengembangan tersebut sudah menghabiskan dana hampir mencapai Rp 180 miliar.

“Dengan diperluasnya terminal, kapasitas tampung terminal akan meningkat signifikan menjadi 3,4 juta penumpang per tahun,” ujar Ituk Herarindri, Director of Airport Service & Facility Angkasa Pura II dalam keterangan tertulisnya kepada Kontan, awal pekan ini.

Sebelum dikembangkan menjadi seluas 17.000 meter persegi terminal bandara Husein Sastranegara yang memiliki luas 5.000 meter persegi hanya mampu menampung sekitar 750.000 penumpang saja.

Kemudian area komersial juga diperluas dari semula 3.000 meter persegi menjadi 500 meter persegi. Beberapa fasilitas pendukung seperti Musholla, toilet, layanan self check in, ruang tunggu, ruang menyusui, kafetaria, ruang bermain anak-anak, security check point hingga internet juga sudah dirombah menjadi lebih nyaman.

Tak hanya menambah luasan dan fasilitas, bandara yang baru ini juga lebih menonjolkan konsep seperti galeri seni dimana terdapat pameran lukisan, alunan musik tradisional dan videotron pariwisata. Desainnya terinsipirasi dari arsitektur tradisional atap rumah khas Jawa Barat, yakni Leuit (tempat menyimpan gabah) dan Julang Ngapak (rumah tradisional Sunda), serta senjata tradisional khas Jawa Barat yakni kujang.

Menurut Ituk, begitu terminal baru dioperasikan perseroan juga akan melanjutkan renovasi pada bangunan lama. Bangunan tersebut akan dikembangkan menjadi terminal internasional yang ditargetkan rampung pada September 2016 nanti.

“ Bangunan baru Bandara Husein Sastranegara akan difokuskan pada penerbangan domestik, sedangkan bangunan hasil pengembangan melayani penerbangan internasional,” terangnya.

Selama ini dengan luas landasan pacu berukuran 2.500 meter x 45 meter, bandara Husein Sastranegara telah mengakomodasi penerbangan pesawat jenis Boeing 737-800 NG, Airbus A320, dan Boeing 737-900 ER. Maskapai yang beroperasi di Bandara Husein Sastranegara antara lain AirAsia, Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Express Air, Silk Air, Wings Air, Susi Air, dan Tiger Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×