kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,70   15,31   1.75%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tetra Pak Mengeksplorasi Peluang Pasar Minuman Ready-to-Drink (RTD)


Kamis, 20 Juni 2024 / 22:58 WIB
Tetra Pak Mengeksplorasi Peluang Pasar Minuman Ready-to-Drink (RTD)
ILUSTRASI. Manajemen Tetra Pak paparkan potensi pertumbuhan segmen ready-to-drink (RTD).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pengolahan dan pengemasan makanan minimum Tetra Pak, memperkenalkan potensi pertumbuhan segmen Ready to Drink (RTD) melalui acara Innovation Starts Here. 

Acara ini mempertemukan para pelaku industri makanan dan minuman guna mengeksplorasi peluang pertumbuhan pasar dan strategi bisnis RTD yang berkembang pesat di Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia.

John Jose, Marketing Director, Tetra Pak Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia menunjukan sebuah data yang menunjukkan, pasar RTD pada tahun ini mencapai US$2,2 triliun dan diharapkan mengalami pertumbuhan kumulatif tahunan (CAGR) lebih dari 5% pada tahun 2028 mendatang. 

Baca Juga: Tetra Pak Indonesia Fokus Bidik Pelanggan Baru dan Ciptakan Kemasan Ramah Lingkungan

"Meningkatnya mobilitas masyarakat yang sejalan dengan perubahan gaya hidup yang cepat dan sibuk saat ini, menjadi faktor pendorong akan tingginya permintaan makanan dan minuman yang praktis dan mudah diakses. Hal ini membuat tren konsumsi makanan dan minuman on-the-go juga semakin populer, dan sejalan dengan banyaknya produk siap saji dan mudah dikonsumsi," paparnya, Kamis (20/6). 

Asia Tenggara menunjukkan lanskap pasar yang unik, di mana minuman RTD berbasis teh dan kopi telah menjadi salah satu pilihan konsumen. 

Laporan menunjukkan bahwa pasar teh dan kopi RTD di wilayah ini diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan, mencapai US$8,7 miliar pada tahun 2028 mendatang.

Pertumbuhan ini didorong CAGR sebesar 7,58%, yang menandakan pasar yang dinamis dan sangat menguntungkan. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya Finovasi dalam mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan ini.  

Baca Juga: Tetra Pak Perkenalkan Solusi Pabrik Berkelanjutan Kurangi Konsumsi Energi dan Air

Memahami akan dinamika yang unik ini, Jose melanjutkan, Innovation Starts Here membahas tantangan yang terus berkembang yang dihadapi oleh industri makanan dan minuman di mana konsumen muda menuntut lebih banyak dari minuman mereka.

Hal ini mencakup permintaan yang semakin meningkat untuk pilihan yang lebih sehat, kenyamanan dan kemudahan, dan kemasan yang mendukung keberkelanjutan.

John melanjutkan, Tetra Pak selalu mengedepankan inovasi dalam menjawab peluang dan tantangan di industri makanan dan minuman. 

"Kami fokus pada upaya pengembangan solusi unggulan di industri ini, yang membantu menjawab tantangan bisnis apa pun yang dihadapi pelanggan kami. Ini termasuk mengidentifikasi peluang dan menghadirkan rencana go-to-market untuk produk-produk baru atau bahkan meningkatkan efisiensi operasional. Melalui acara hari ini, Tetra Pak dan pelaku industri makanan dan minuman optimis bisa terus meningkatkan potensi pasar RTD di kawasan ini," lanjutnya. 

Baca Juga: Tetra Pak Raih Nilai A & Masuk Jajaran Pemimpin CDP atas Keterbukaan Informasi Hutan

Melalui Innovation Starts Here, Tetra Pak memaparkan pandangan dan solusi terbaru yang memungkinkan pelanggan untuk menghadapi tantangan pasar dengan rangkaian solusi end-to-end termasuk layanan pemasaran yang komprehensif.

Ini termasuk pengenalan konsep -Demand Spaces- di mana hasil dari konsep tersebut dapat memberdayakan merek makanan dan minuman sehingga bisa berinovasi dengan lebih baik. 

Dengan memahami kebutuhan tersebut, perusahaan makanan dan minuman akan dapat mengidentifikasi peluang dalam portofolio produk mereka yang sudah ada, dan dapat mengembangkan produk-produk inovatif dengan rasa baru yang sesuai dengan selera konsumen.

John Jose memaparkan, inovasi lain yang dihadirkan oleh Tetra Pak adalah bahan baru minuman yang berasal dari biji bunga matahari yang memiliki kandungan protein tinggi. Hal ini merupakan sesuatu yang baru, dan Tetra Pak meyakini biji bunga matahari sebagai bahan baku bergizi, berkelanjutan, dan terjangkau. 

Baca Juga: Tetra Pak Luncurkan Pendekatan Terpadu ke Transisi Sistem Pangan Orientasi Tindakan

"Minuman dari biji bunga matahari dihadirkan untuk konsumen yang mencari alternatif susu sapi atau susu berbahan nabati yang ada di pasaran. Sementara itu untuk produsen makanan dan minuman, minuman baru ini dapat menjadi pilihan yang hemat biaya dalam segi produksi dan inovasi dari portofolio produk," ujar John Jose.

Innovation Starts Here dari Tetra Pak ini memperkuat posisi perusahaan sebagai partner  inovasi di sektor makanan dan minuman.

Dengan teknologi mutakhir dan jaringan pakar global yang menjangkau berbagai industri, pendekatan inovatif Tetra Pak dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mendorong keberlanjutan, dan memastikan pelanggan menjadi unggul di pasar yang kompetitif.

“Atas nama tim Tetra Pak, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan dan mitra kami yang telah hadir di sini bersama kami untuk mengeksplorasi masa depan pangan untuk Indonesia dan negara Asia Tenggara sekitar," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×