Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform perjalanan dan gaya hidup tiket.com menatap optimistis kinerja bisnis pada kuartal ketiga 2025, seiring tren pemesanan perjalanan domestik dan internasional yang terus meningkat.
Meski data kinerja kuartal III belum sepenuhnya tersedia, perusahaan memperkirakan tren pertumbuhan akan berlanjut seperti yang tercatat pada paruh pertama tahun ini.
Public Relations Senior Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto, mengatakan bahwa pada semester pertama 2025, kategori transportasi mencatat pertumbuhan yang solid.
Moda kereta api naik sebesar 20%, sementara bus dan shuttle melonjak hingga 55% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan ini menunjukkan semakin tingginya preferensi masyarakat terhadap moda perjalanan darat yang efisien dan terjangkau.
Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2025 Diramal Tak Tembus 5%
“Kami optimistis kinerja kuartal ketiga akan tetap mencatat pertumbuhan positif, melanjutkan tren pada paruh pertama tahun ini. Pertumbuhan transportasi darat menjadi indikator kuat bahwa minat masyarakat untuk berwisata dan bepergian terus meningkat,” ujar Sandra kepada Kontan, Kamis (9/10).
Peningkatan ini ditopang oleh sejumlah faktor, antara lain banyaknya hari libur nasional dan cuti bersama pada awal tahun, libur sekolah pertengahan tahun, serta tingginya minat eksplorasi destinasi domestik.
Selain itu, berbagai kampanye promosi seperti Tiket Hari Raya (THR), Online Tiket Week (OTW), dan BCA tiket.com Travel Fair 2025turut mendorong kenaikan transaksi di platform.
Dalam menjaga momentum pertumbuhan di tengah kompetisi ketat, tiket.com terus memperkuat inovasi produk dan layanan berbasis teknologi. Fitur Flight Disruption Protection misalnya, memberikan kompensasi otomatis bagi penumpang jika terjadi penundaan atau pembatalan penerbangan.
Sementara layanan pelanggan Halo tiket kini dilengkapi dengan 1-Hour Resolution Time, yang menjamin penyelesaian kendala maksimal dalam satu jam.
Selain itu, pada perayaan ulang tahun ke-14, tiket.com juga meluncurkan tampilan baru aplikasi dengan desain yang lebih modern, personal, dan intuitif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Di sisi destinasi, tren perjalanan domestik masih mendominasi pemesanan di tiket.com. Rute penerbangan menuju Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar menjadi yang teratas, sementara Yogyakarta, Bandung, dan Semarang ramai dipesan untuk perjalanan menggunakan kereta api. Untuk kategori akomodasi, kawasan Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta tercatat paling banyak diminati.
Namun, minat terhadap perjalanan luar negeri juga menunjukkan peningkatan, dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan Cina menjadi destinasi favorit. “Kebijakan kemudahan visa dan meningkatnya akses penerbangan menjadi faktor pendorong utama tren wisata ke luar negeri,” jelas Sandra.
Untuk memperkuat ekspansi bisnis, tiket.com juga aktif menjalin kemitraan strategis, seperti kerja sama global dengan Accor Group yang membuka akses lebih dari 5.600 akomodasi di seluruh dunia.
Selain itu, perusahaan menggandeng maskapai baru seperti FlyJaya dan STARLUX Airlines, serta menambahkan metode pembayaran digital DANA di platform.
“Kami terus memperluas kolaborasi dengan mitra strategis untuk memperkuat posisi tiket.com sebagai the most loved travel and lifestyle platform di Indonesia,” pungkas Sandra.
Baca Juga: Andalkan 3 Kanal, Begini Strategi Bridgestone Genjot Penjualan Saat Industri Lesu
Selanjutnya: OJK Klaim Kredit dan DPK Perbankan Membaik Pasca Penempatan Dana SAL di Himbara
Menarik Dibaca: 5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Akibat Polusi, Jangan Malas Eksfoliasi!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News